Piknik di Tengah Ribuan Pohon Pinus sembari Re-charge Semangat di Pesona Wisata Alam Kalipasang

Piknik di Tengah Ribuan Pohon Pinus sembari Re-charge Semangat di Pesona Wisata Alam Kalipasang
Pohon-pohon pinus di Pesona Wisata Alam Kalipasang. (Inibaru.id/ Laras Puspita)

Ribuan pohon pinus di Pesona Wisata Alam Kalipasang dulunya hanya hutan yang berfungsi sebagai daerah resapan air. Namun, pohon yang berderet rapi itu kini jadi lokawisata alam yang menarik untuk piknik.

Inibaru.id – Ribuan pohon pinus menjulang tinggi yang berderet rapi akan menyambutmu begitu kamu tiba di lokasi ini. Pesona Wisata Alam Kalipasang namanya. Berlokasi di Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, hutan pinus seluas 18 hektare itu bakal "menyihir"-mu untuk berlama-lama di tempat tersebut.

Dengan pemandangan yang menyejukkan mata, nggak mengherankan kalau lokawisata yang dibuka untuk umum sejak 3 Januari 2018 itu begitu ramai dikunjungi wisatawan. Kamu yang pengin me-reboot jiwa memang wajib banget datang ke tempat ini. Udara yang sejuk dan suasana yang tenang dijamin akan berkolaborasi membangun mood-mu kembali. 

Yap, berada pada ketinggian sekitar 1.500 mdpl dan cukup jauh dari polusi suara di perkotaan, suasana di hutan ini cukup bisa kamu andalkan untuk menemanimu bersantai dan menghabiskan waktu dengan sahabat atau keluarga. Hasrat berswafotomu pun dijamin bakal tersalurkan, karena banyak spot instagenik yang menarik untuk jadi latar fotomu.

Salah Seorang Petugas Balai Taman Nasional Gunung Merbabu Berfoto di Atas Pohon Bengkok. (Inibaru.id/ Laras Puspita)

Salah seorang petugas Balai Taman Nasional Gunung Merbabu Berfoto di atas "Pohon Bengkok". (Inibaru.id/ Laras Puspita)

Kamu juga nggak perlu takut kehujanan, karena ada sejumlah fasilitas seperti gazebo untuk berteduh. Fasilitas lainnya, ada toilet dan musala juga. Sayang, belum ada kantin atau penjual yang menjajakan dagangannya di sana. Jadi, ada baikny kamu bawa bekal sendiri, ya, Millens

Tempat Piknik yang Asyik

Hutan pinus di Kalipasang ini paling cocok untuk kamu yang pengin berwisata dengan konsep "piknik". Bersama keluarga, kerabat, teman kantor, atau bahkan gebetan, kamu bisa menggelar tikar lalu duduk bersama sambil makan bekal yang dibawa dari rumah. Hm, asyik, bukan? Eits, tapi jangan nyampah, ya!

Kendati belum bisa dibilang lengkap, fasilitas di tempat tersebut terus dibenahi, kok, Millens. Wagi, penanggung jawab Pesona Wisata Alam Kalipasang mengatakan, sejak resmi dibuka untuk umum, pemerintah setempat terus menambah fasilitas di tempat ini, misal pembangunan jalan setapak, gazebo, panggung, gardu pandang, dan lain-lain.

Oya, ada sekurangnya empat spot menarik yang paling banyak dikunjungi wisatawan di sana. 

“Pengunjung biasanya suka bersantai-santai di gazebo, foto-foto di pohon bengkok, pohon jantung, dan juga gardu pandang,” tutur Wagi kepada Inibaru.id belum lama ini. 

Dekat dari Salatiga

Penasaran dengan kawasan hutan pinus di Kalipasang ini? Meski berada di Kabupaten Semarang, objek wisata tersebut lebih dekat dijangkau dari Kota Salatiga, yakni berjarak sekitar 13 kilometer dari pusat kota.

Dari Salatiga, melajulah ke arah barat daya, lalu belok kiri setelah sampai di pertigaan Desa Jampelan, Getasan. Kemudian, begitu sampai di perempatan Wonosari, beloklah ke kanan menuju arah Desa Batur. Dari situ, kamu tinggal mengikuti jalur utama. Sekitar lima menit perjalanan, kamu bakal menjumpai penanda bertuliskan "Pesona Wisata Alam Kalipasang" tepat di tikungan. Mudah, kan?

Gerbang masuk Pesona Wisata Alam Kalipasang. (Inibaru.id/ Laras Puspita)

Gerbang masuk Pesona Wisata Alam Kalipasang. (Inibaru.id/ Laras Puspita)

Hutan pinus ini beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.30 WIB. Namun, waktu terbaik untuk berkunjung ke sana adalah menjelang sore hari, karena selain udaranya yang sejuk, mega merah yang menghiasi langit saat senja juga menambah eksotis hutan itu.

Untuk memasuki Pesona Wisata Alam Kalipasang, kamu bakal dikenai tarif tiket masuk seharga Rp 5.000 plus biaya asuransi Rp 1.000. Kemudian, ada biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Ramah di kantong kan, Millens?

Jadi, jika merasa weekday-mu kali ini cukup berat, re-charge semangat di Pesona Wisata Alam Kalipasang pas akhir pekan nanti mungkin bisa jadi solusi menggiurkan buatmu. Kuylah! (Laras Puspita/E03)

 

Pesona Wisata Alam Kalipasang

Kategori                    : Wisata Alam

Alamat                      : Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang

Jam buka                  : 08.00 – 17.30 WIB

Harga Tiket Masuk     : Rp 5.000 (Plus asuransi Rp 1.000)