Ini Jadwal Festival Budaya Cheng Ho di Semarang

Festival Cheng Ho akan kembali meriahkan Klenteng Sam Poo Kong di Semarang nih Millens. Berikut jadwal acaranya.

Ini Jadwal Festival Budaya Cheng Ho di Semarang
Festival Cheng Ho. (static6.com)

Inibaru.id – Festival Cheng Ho merupakan perayaan untuk memperingati kedatangan Laksamana Cheng Ho (Sam Poo Tay Djien) di kota Semarang ratusan tahun silam. Sebagai festival tahunan yang unik, Festival Cheng Ho masuk ke dalam 100 Wonderful Events Kementerian Pariwisata pada tahun 2018.

Di festival ini akan ada banyak acara seru yang bisa kamu ikuti mulai dari kuliner, pertunjukan seni, lomba-lomba, hingga  cek up kesehatan gratis. Wah, rugi banget nih kalau sampai terlewatkan.

Acara ini bakal diadakan dari tanggal 9 hingga 19 Agustus 2018 di Klenteng Sam Poo Kong Semarang ya Millens. Untuk kamu yang ingin menyaksikan serangkaian acara ini,  yuk catat jadwal kegiatannya!

Kuliner Sam Poo Kong (9 sampai 19 Agustus 2018)

Kuliner Sam Poo Kong. (Tribunnews.com)
 
Beragam kuliner nusantara serta Chinese Food akan tersaji lengkap pada festival ini. Nggak hanya itu, jajanan kekinian juga bisa kamu temukan di banyak stan makanan selama festival ini berlangsung. Wah, mantap nih!

Ritual Sembahyang Kebesaran (9 sampai 10 Agustus 2018)

Ritual Sembahyang. (indochinatown.com)

Ritual ini akan dilaksanakan di Klenteng Sam Poo Kong. Banyak masyarakat Tionghoa yang akan melaksanakan ritual sembahyang ini. Bagi yang pertama kali sembahyang, mungkin harus dipandu karena urutan dan banyaknya dewa.

Parade Band (10 Agustus 2018)

Parade Band. (wa.hyudee.com)

Di tanggal ini akan ada pertunjukkan pawai musik yang akan menghibur wisatawan juga. Sayang banget nih kalau sampai terlewatkan.

Cheng Ho Night Festival (11 Agustus 2018)

Cheng Ho Night Fest. (travelingyuk.com)

Cheng Ho Night Fest akan hadir memeriahkan malammu dengan keseruan rangkaian acaranya. Akan ada beragam kesenian dari berbagai suku dan agama yang siap memanjakan wisatawan.

Lomba-lomba (12 sampai 19 Agustus 2018)

Lomba mewarnai. (Tribun Jateng/Rahdyan Trijoko Pamungkas)

Berbagai lomba juga akan diadakan untuk memeriahkan festival ini. Antara lain, lomba fotografi (12 Agustus 2018), lomba menggambar dan mewarnai (17 Agustus 2018), lomba fashion show (18 Agustus 2018), dan lomba barongsai (19 Agustus 2018). Wah, seru ya!

Kesenian Tradisional (12 Agustus 2018)

Pertunjukan Barongsai. (Kompas.com)

Nah, yang paling ditunggu-tunggu, kesenian tradisional yang akan menyajikan atraksi budaya Tionghoa. Nggak cuma itu, akan ada panggung kesenian yang keren dari seni budaya Tionghoa serta Jawa. Akulturasi beragam budaya akan terasa dalam pertunjukkan ini. Dimana barongsai dapat bersanding manis degan Jathilan, atau gamelan yang mengiringi lagu mandarin. Wah, unik ya?

Tampilan Budaya (13 Agustus 2018)

Komunitas Diajeng Semarang. (farida-asadi.com)

Di acara tampilan budaya ini, akan ada penampilan dari Komunitas Diajeng Semarang. Komunitas Diajeng Semarang merupakan komunitas pencinta kebaya dan batik yang mengampanyekan pemakaiannya dalam aktivitas keseharian.

Cek Up Kesehatan Gratis (14 Agustus 2018)

Cek Kesehatan. (beritabandung.com)

Sebagai salah satu misi dalam festival ini, cek up kesehatan gratis akan dibuka untuk umum selama hari tersebut. Bakti sosial ini akan melibatkan berbagai elemen industri farmasi serta unsur TNI dan Polri, program penyuluhan, serta pengobatan gratis.

Napak Tilas Sejarah Cheng Ho (15 Agustus 2018)

Ilustrasi sosok Laksamana Cheng Ho. (muslimdaily)

Ada pun program Napak Tilas Sejarah Cheng Ho yang akan menelusuri sejarah budaya Tionghoa yang ada di Semarang. Ini dimaksudkan untuk mengedukasi masyarakat tentang sejarah yang ada di kota Semarang.

Wah, seru banget ya. Eits, jangan sampai ketinggalan ya! (IB07/E05)