Indahnya Panorama Matahari Terbit dari Watu Payung Turunan Yogyakarta

Indahnya Panorama Matahari Terbit dari Watu Payung Turunan Yogyakarta
Matahari terbit dan terbenam di tempat ini menghadirkan pemandangan yang menakjubkan. (Kompas/Anggara Wikan Prasetya)

Kabupaten Gunungkidul merupakan surga bagi penjelajah alam. Jika kamu bosan berwisata ke museum atau bangunan bersejarah, kabupaten ini bisa jadi tempat berlibur selanjutnya. Salah satu tempat yang sebaiknya kamu singgahi adalah Watu Payung Turunan. Pemandangan pagi dan senja di sana memukau mata, lo.

Inibaru.id – Pemandangan matahari terbit tampak indah disaksikan di tempat-tempat tertentu. Jika kamu sedang berada di Yogyakarta, Watu Payung Turunan bisa menjadi tujuanmu untuk mendapatkan panorama ini. Suasananya yang asri juga bikin kamu betah berlama-lama di sana.

Berlokasi di Dusun Turunan, Desa Girisuko, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, Watu Payung Turunan menjadi lokasi bermancakrida. Untuk sampai ke sana, kamu harus melewati jalan menanjak.

Jika berangkat dari pusat Kota Yogyakarta, ambillah arah menuju Terminal Giwangan. Selama melintasi Jalan Imogiri Timur, perhatikan apakah ada persimpangan dengan papan petunjuk ke arah Makam Imogiri dan Perbukitan Mangunan. Ambil arah menuju Siluk, lalu ikuti papan petunjuk ke arah Kecamatan Panggang.

https://www.datawisata.com/wp-content/uploads/2018/04/Geoforest-Watu-Payung-Turunan-1024x670.jpg

Pemandangannya keren banget kan? (Data Wisata)

Sesampai di sana, menyaksikan Desa Girisuko dari ketinggian bakal jadi momen yang seru untuk diabadikan. Ada banyak spot foto menarik yang sayang jika nggak dimanfaatkan. Kalau cuaca sedang berkabut, keadaan di sekitar tempat ini bakal bikin kamu serasa sedang di atas awan.

Untuk menikmati suasana ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp 4.000. Kalau naik mobil, kamu perlu membayar tiket sebesar Rp 10 ribu, Millens. Hm, lebih mahal biaya parkirnya ketimbang tiket masuknya ya! Ha-ha.

Selama mengambil gambar, bersabarlah. Kamu perlu antre dengan pengunjung lain. Nah, karena pengelola belum menyediakan warung makan, sebaiknya bawalah bekal supaya nggak kelaparan.

Selain Watu Payung Turunan, jangan lupa kunjungi destinasi wisata lainnya di Gunungkidul ya. Kira-kira, selain tempat ini, mana saja yang pengin kamu kunjungi? (IB15/E03)