Indah dan Unik, Lima Desa Wisata di Yogyakarta Ini Patut Dikunjungi

Indah dan Unik, Lima Desa Wisata di Yogyakarta Ini Patut Dikunjungi
Para wisatawan sedang menjajal jadi petani Dusun Ketingan, (Eksotisjogja)

Terdapat lima desa dengan suasana dan pemandangan yang menyenangkan. Nggak hanya pemandangannya, matamu bakal dimanjakan dengan produk-produk lokal berkualitas oke di lima desa ini. Di mana saja desa-desa wisata yang keren ini?

Inibaru.id – Jika Kabupaten Magelang memiliki sekitar 20 desa wisata unggulan, Yogyakarta pun nggak mau kalah. Di Kabupaten Bantul, terdapat lima desa yang pesonanya luar biasa.

Kamu yang sedang bosan dengan keramaian kota, mungkin bisa menenangkan diri sejenak di desa-desa ini. Apa saja?

Desa Ketingan

Ribuan burung bangau menjadi pemandangan cantik yang bakal kamu jumpai di desa ini. Meski memiliki vegetasi yang sama dengan desa-desa lain, anehnya burung-burung ini nggak mau pindah sarang, lo. Selain menyaksikan burung bangau, kamu bisa pula mencoba kegiatan lain seperti bertani, memasak, dan membatik.

Desa Tanjung

Di Desa Tanjung, terdapat Joglo berusia 200 tahun. Joglo ini dulunya milik seorang lurah yang kemudian dikelola oleh sang adik. Di sana, kamu bisa menyewa bagian pendapanya untuk makan siang, lo. Selain melihat-lihat isi Joglo, kamu bisa menjajal kegiatan seru lainnya seperti bermain gamelan hingga memasak makanan dan minuman khas desa ini.

Desa Banyusumurupan

Keris aksesori hingga keris pusaka bisa kamu temukan di Desa Banyusumurupan. Keris-keris itu dijual dengan harga bervariatif mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Selain membeli, kamu juga bisa mengamati proses pembuatannya, lo.

Desa Krebet

Desa Krebet merupakan pusat pembuatan batik kayu. Kalau kamu pengin membeli barang-barang dengan motif batik, di sanalah kamu bisa menjumpainya. Mulai dari pembatas buku hingga patung hiasan, semuanya dibuat dengan kualitas yang oke. Soal harga, relatif terjangkau kok.

Desa Manding

Kalau kamu sedang mencari jaket dan perlengkapan dari kulit, ini saatnya kamu berburu barang-barang itu di Desa Manding. Harga barang-barang dari kulitnya ini lebih murah karena bisa ditawar, lo.

Desa mana nih yang pengin segera kamu kunjungi? Desa manapun yang jadi pilihanmu berliburmu, sebaiknya tetaplah ingat untuk memberikan oleh-oleh pada keluarga ya.

Dengan kamu membeli oleh-oleh di sana, secara otomatis kamu turut menyumbang penghasilan bagi pelaku industri kreatif. Bangga kan dengan produk negeri sendiri? (IB06/E03)