Pengin Kopermu Keluar Duluan di Antrean Bagasi Pesawat? Ikuti Tips Ini!

Pengin Kopermu Keluar Duluan di Antrean Bagasi Pesawat? Ikuti Tips Ini!
Koper di antrian bagasi (intisari.grid.id)

Menunggu bukanlah pekerjaan menyenangkan, terlebih kalau yang ditunggu adalah koper yang sedang "antre" di pusat pengambilan barang di bandara. Mood juga rentan memburuk karenanya.

Inibaru.id – Berpergian naik pesawat menjadikan perjalananmu ke tempat tujuan jadi lebih menghemat waktu. Namun, ada kalanya menggunakan pesawat menjadi sangat menyebalkan. Selain masalah keterlambatan atau penundaan jadwal penerbangan, kamu juga kadang harus menunggu lama saat pengambilan bagasi.

Tentu saja ketidakberuntungan ini rentan membuatmu emosi, yang berujung menjadikan mood-mu berantakan jika kopermu tak kunjung muncul di conveyor, apalagi saat tenagamu hanya tersisa sedikit.

Nah, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya kopermu lebih dulu keluar saat pengambilan bagasi. Yuk, intip beberapa tipsnya, yang mengutip dari akupaham.com:

  1. Meminta stiker fragile kepada petugas

Stiker "fragile" pada koper di bandara. (travelandleisure.com)

Stiker fragile yang digunakan untuk menandakan barang pecah belah bisa jadi cara untuk mengambil koper lebih cepat. Asumsinya, barangmu akan diperlakukan spesial atau lebih diperhatikan. Selain nggak dibanting, kemungkinan besar koper juga akan dimuat belakangan untuk menghindari tertindih koper lainnya yang nggak berstiker fragile.

Logikanya, koper-koper yang masuk terakhir akan lebih dulu dikeluarkan. Jadi, kamu nggak perlu lagi menunggu terlalu lama. Eits, tapi ini juga nggak jadi jaminan 100 persen. Terkadang para petugas justru nggak memperhatikan stiker tersebut sehingga menempatkan kopermu "seadanya".

  1. Gunakan kelas bisnis

Penerbangan kelas bisnis. (businessclassflights.travel)

Jika memesan tiket kelas bisnis, tentunya kamu akan mendapatkan lebih banyak keistimewaan daripada kelas ekonomi. Termasuk salah satunya adalah urusan bagasi. Biasanya koper penumpang bisnis akan lebih diprioritaskan, sehingga bakal keluar lebih dahulu ketimbang penumpang ekonomi.

Jadi, kalau kamu mempunyai uang lebih dan malas menunggu antrean bagasi di kelas ekonomi, menggunakan kelas bisnis mungkin akan menjadi pilihan tepat.

  1. Bergabung dengan klub airline frequent flyer

Frequent Flyer. (awardwallet.com)

Ini adalah program dari pihak maskapai berupa keanggotaan untuk penumpang yang sering terbang menggunakan maskapai mereka. Ada banyak keuntungan yang ditawarkan jika kamu menjadi anggota klub airlane frequent flyer, mulai dari merchandise, potongan harga, hingga prioritas dalam pengambilan bagasi. Tentunya jika kamu sering berpergian dengan pesawat, bergabung dengan klub ini bisa menjadi keuntungan buatmu.

  1. Check in terakhir

Antrean terakhir. (Pinterest.com)

Check in lebih awal kemungkinan akan membuat kopermu menjadi salah satu yang dimuat pertama di bagasi pesawat. Ini berarti saat membongkar bagasi di tempat tujuan, koper yang masuk pertama akan keluar terakhir. Jadi, usahakan kamu check in pada akhir waktu jika ingin kopermu keluar duluan. Tapi bukan berarti kamu datang terlambat, lo. Tetaplah datang lebih awal, tapi nggak perlu terburu-buru untuk check-in.

Nah, itu tadi tips yang bisa kamu lakukan supaya kamu nggak menunggu terlalu lama saat pengambilan bagasi. Selain itu, bersikap baiklah pada petugas counter check in. Semakin kamu ramah, semakin tinggi pula kemungkinan permintaan dikabulkan.

Saat di tempat tujuan, pastikan juga memeriksa barang bawaanmu kembali, jangan sampai kopermu tertinggal di bagasi karena terburu-buru keluar. So, happy traveling, Millens! (IB05/E03)