Ikuti Arus dan Nikmati Kesejukan Kali Pusur dengan Riverboarding atau Rivertubing

Menikmati deras arus sungai di Kali Pusur bisa kamu lakukan dengan riverboarding atau rivertubing.

Ikuti Arus dan Nikmati Kesejukan Kali Pusur dengan <em>Riverboarding</em> atau <em>Rivertubing</em>
Riverboarding di Kali Pusur. (Lelungan)

Inibaru.id – Sepanjang perjalanan menuju Kali Pusur, senyum tak berhenti mengembang. Wajah-wajah ramah menghiasi tiap penghuni rumah menuju lokawisata alam di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ini. Hm, terterik dengan suasana ini? Sambangilah Wisata Riverboarding di Kali Pusur.

Bertempat di Desa Kali Pusur, Kecamatan Polanharjo, kamu bisa menikmati riverboarding atau rivertubing di sungai yang membelah desa tersebut. Kamu seorang pemula di olahraga arung jeram? Tenang, sungainya cukup aman untuk kamu yang belum pernah menjajal wisata kintir di arus air sekalipun.

Ya, medan Kali Pusur termasuk dalam level pemula. Ini dilihat dari kedalaman air dan tingkat kesulitan medan berbatu yang bisa dibilang cukup aman bagi orang awam.

Riverboarding di Kali Pusur Klaten. (Lelungan)

Sejak dibuka 2012 silam, wisata mengasyikkan di kabupaten yang terkenal dengan koleksi candi-candinya ini memang telah diminati warga. Bermula dari hobi Pasmaja, salah satu komunitas pencinta alam di Klaten, riverboarding dan rivertubing di Kali Pusur kini telah dikomersialkan.

Tak sedikit wisatawan dari luar Klaten yang sengaja datang untuk menikmati arus sungai tersebut lengkap dengan jeramnya yang lumayan memacu adrenalin. Selain itu, nggak sedikit pula yang hanya berkunjung untuk menikmati pemandangan alam di sekitar sungai yang terhitung masih alami.

Fasilitas Lengkap

Buat kamu yang berminat mengarungi Kali Pusur, nggak perlu bingung harus membawa peralatan apa di sana. Yap, lantaran sudah dikelola secara profesional, papan luncur (board) atau ban, serta alat keselamatan bagi pengunjung seperti helm, pelampung, dan pelindung kaki, sudah disediakan pihak pengelola.

Rivertubing di Kali Pusur Klaten. (Limakaki)

Kamu juga nggak perlu takut dengan keselamatanmu selama menghanyutkan diri di air karena pihak pengelola akan memantau pergerakanmu selama meliuk-liuk terbawa arus sungai yang lumayan deras.

Setelah mentas dari sungai, istirahatlah sejenak di tempat-tempat yang berada di area wisata tersebut. Kamu juga bisa mengisi perut di warung makan yang ada di sana. Pengin langsung membersihkan diri? Ada tempat MCK yang lumayan bersih untukmu!

Oya, cara terbaik menuju tempat ini adalah dengan kendaraan pribadi. Area parkir yang luas tak akan membuatmu kesulitan jika membawa motor atau mobil. Tempatnya juga relatif aman, kok.

Namun, kamu juga bisa menggunakan bus atau angkutan umum yang menuju arah Polanharjo. Begitu tiba di sana, kamu tinggal menyewa ojek menuju Desa Kali Pusur. Gampang, bukan? (IB20/E03)