Tak Hanya Lindungi Bibir Pantai, Mangrove Edupark Semarang Juga Jadi Lokawisata Menarik di Kota Lunpia

Tak mudah mencari bibir pantai berpasir luas di Kota Lunpia. Nah, menjaga agar pantai tak direnggut lautan, Mangrove Edupark Semarang menjadi tamengnya. Seberapa menarik tempat itu?

Tak Hanya Lindungi Bibir Pantai, Mangrove Edupark Semarang Juga Jadi Lokawisata Menarik di Kota Lunpia
Hutan Mangrove Edupark Semarang. (Lihat.co.id)

Inibaru.id - Gempuran abrasi di bibir pantai Kota Semarang tak bisa terhindarkan. Telah tak terbilang garis pantai yang menghilang dari ibukota Jawa Tengah tersebut. Untuk menjaganya, hutan mangrove pun dicipta, salah satunya yang berada di sisi barat Kota Lunpia.

Bernama Hutan Mangrove Edupark, konservasi mangrove yang berada satu kawasan dengan Pantai Maron itu kini menjadi penjaga laut terdepan di Semarang. Tak hanya itu, tempat tersebut juga kini menjadi lokawisata yang cantik sekaligus tempat yang menarik untuk belajar mangrove.

Kamu bisa menyusuri track mangrove yang cukup panjang di sana. Lalu, ada jembatan dari jalinan bambu dan kayu yang bisa kamu lalui. Di tempat itu pula kamu bisa beristirahat sejenak sembari melepas penat setelah seharian jalan-jalan.

Kamu yang pengin melangsungkan prewedding photoshot juga bisa melakukannya di sini. Atau, kalau pengin ngajak gebetan berbaur dengan alam juga nggak ada salahnya datang ke tempat indah ini.

Hutan Mangrove Edupark Semarang. (Travel Today)

Seperti kebanyakan tempat wisata alam, Mangrove Edupark Semarang paling pas kamu kunjungi sebelum pukul 09.00 WIB atau setelah pukul 15.00 WIB. Pada waktu tersebut, udara di sana cukup sejuk. Pemandangannya pun jauh lebih menyegarkan.

Kamu yang suka motret juga bisa untung-untungan membidik gambar pesawat yang melintas cukup dekat di atas kepalamu. Yap, lokasi taman mangrove yang dekat dengan Bandara Ahmad Yani Semarang memang kerap dijadikan para fotografer penyuka burung besi sebagai tempat mangkal.

Kalau berkunjung pada sore hari, jangan lupakan momen matahari terbenam di sini, ya, Millens. Pemandangannya cakep banget!

Hutan Mangrove Edupark Semarang. (Adit220393.blogspot)

Mangrove Edupark Semarang berlokasi di Desa Tugurejo, Kecamatan Tugu. Untuk bisa sampai ke sini, kamu harus mengambil jalan ke arah Bandara Ahmad Yani, lalu mengambil jalur ke kiri atau arah Pantai Maron.

Oya, hanya ada satu jenis mangrove yang tumbuh di daerah ini, yakni spesies Rhizophora. Namun, di sekitar Pantai Maron, beberapa mangrove lain bisa kamu jumpai, di antaranya Avicennia marina, Rhizophora mucronata, Ipomoea pes-caprae, Hibiscus tiliaceus, Pemphis acidula, Sesuvium portulacastrum, Clorodenron inerme, hingga Sesbania grandiflora.

Fasilitas yang disediakan di Hutan Mangrove Edupark ini juga lumayan lengkap. Ada tempat parker, toilet, dan juga warung makan dengan beraneka penganan yang bisa kamu beli dan nikmati.

Gimana Millens? Kalau ke sana siapkan uang sebesar Rp 7.500, ya, untuk tiket masuknya! (IB06/E03)