Hutan Dongeng di Timur Pulau Jawa

Jawatan Benculuk di Banyuwangi tadinya hanya hutan tempat menimbun kayu. Pohon-pohon dan suasananya yang mirip dalam film-film dongeng membuat hutan itu jadi tempat wisata ciamik.

Hutan Dongeng di Timur Pulau Jawa
Hutan wisata Jawatan Benculuk di Banyuwangi, Jawa Timur. (newsmedia.co.id)

Inibaru.id – Pernah dengar film Alice in Wonderland? Itu film zaman old, zaman ketika nenek kamu mungkin masih belia atau bahkan belum lahir. Ya, karena film anamasi bergenre fantasi-musikal dari novel Alice karya Lewis Caroll itu diproduksi Walt Disney pada 1951. Memang sih sempat ada versi bukan animasi pada 2010, tapi kayaknya nggak terlalu heboh.

Sebagai kisah fantasi, ada adegan Alice tersesat di hutan yang tentu saja indah dan eksotis. Nah, tahu nggak di Banyuwangi, Jawa Timur, ada hutan wisata yang disebut-sebut mirip dengan hutan dalam film itu? Namanya Jawatan Benculuk.

Ya, Jawatan Benculuk adalah hutan dengan pohon-pohon besar yang berbentuk unik. Jadi, kalau dilihat mirip banget dengan pohon-pohon magis dalam kisah dongeng seperti dalam Alice in Wonderland.

Dikutip dari Republika.co.id, kemiripan itu dimulai dari jalanan yang ada di hutan itu hingga pohon-pohon raksasa menjulang tinggi hingga lebih dari 10 meter.

"Tak hanya mirip dengan hutan di Alice in Wonderland, Jawatan Benculuk juga mirip dengan hutan di film Lord of The Ring, Snow White and The Hutsman, dan juga Malificient yang diadopsi dari cerita Snow White," papar Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi MY Bramud.

Baca juga:
Di Tengah Bentangan Pasir Tana Toraja
Lihatlah Patung Raksasa dari Perunggu dan Kenanglah Sosoknya

Jika dibandingkan dengan hutan-hutan rindang lainnya yang ada di Indonesia, Jawatan Benculuk ini tergolong dalam kategori hutan kecil karena hanya memiliki luas sekitar 3,8 hektare, sementara hutan lainnya bisa lebih dari 10 hektare.

Yap, hutan milik Perhutani Banyuwangi ini memiliki puluhan jenis pohon dan tanaman, mulai dari pohon jati, pohon salak, pohon kelengkeng, pohon santinet, dan menjadi sorotan favorit para wisatawan adalah pohon trembesi raksasa yang bagian atasnya memiliki cabang yang acak.

"Pohon trembesi merupakan jenis pohon peneduh yang menghasilkan banyak sekali oksigen. Pohon-pohon inilah yang membuat suasana di hutan ini sangat sejuk dan menyehatkan," tandas lelaki yang akrab disapa Bram itu.

Bram menceritakan, hutan lindung yang dibangun dari 1951 hingga 1962 ini awalnya tempat penimbunan kayu jati berkualitas yang berasal dari berbagai daerah di sekitar Banyuwangi.

Namun, pada 1970 terjadi penjarahan kayu jati besar-besaran yang membuat Jawatan Benculuk jadi tempat yang tidak dapat difungsikan. Bahkan kawasan ini jarang dilalui orang dan sempat terlupakan begitu saja.

"Tapi sekarang Jawatan Benculuk kembali difungsikan dan menjadi salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang banyak diburu para wisatawan," kata Bram.

Nah, Sobat Millens, datang saja ke sana. Yakin deh kamu bakal pulang dengan bawa segebung foto eksotis yang instagramable.

Baca juga:
Kampung Adat Flores Jadi Primadona Wisatawan
Keelokan Garis-Garis Terasiring Panyaweuyan

Oya, di dalam hutan itu ada hamparan rumputan berkualitas tinggi yang nyaman untuk duduk atau bahkan tiduran.

Fasilitas penunjangnya pun oke. Ada musala, toilet, warung kopi, kantin, lapangan bola, lapangan tenis, dan sinyal wifi gratis. Kamu bisa datang kapan saja karena setiap saat pemandangannya tetap ciamik. Apalagi lokasinya mudah dijangkau, sekitar 30 menit saja dari pusat kota Banyuwangi dengan kendaraan pribadi.

Kawasan hutan lindung yang sempat viral di medsos dan televisi ini buka setiap hari mulai pukul 07.30 hingga 18.00.  Ayuk piknik! (EBC/SA)