Solo Traveling, Hobi Bea Alana yang Mendatangkan Rezeki

Solo Traveling, Hobi Bea Alana yang Mendatangkan Rezeki
Bea di Komodo National Park, 2017. (Instagram/@beasolotraveler)

Melakukan hobi yang dibayar, pasti menyenangkan ya, Millens. Tambah senang lagi bila hobimu itu adalah jalan-jalan.

Inibaru.id – Setiap orang pasti memiliki hobi masing-masing. Ada yang suka menulis, suka berfoto, suka menari, ada juga yang suka jalan-jalan. Nggak jarang hobi tersebut justru mendatangkan rezeki bagi sebagian orang.

Bea Alana adalah salah seorang yang ketiban rezeki dari hobinya. Perempuan yang memiliki hobi solo traveling itu beberapa kali mendapat untung dari kebiasaannya berkelana seorang diri.

Hal ini bermula saat Bea susah mendapat teman yang bisa diajak pergi bersama. Alhasil, dia pun memutuskan untuk pergi seorang diri.

“Awalnya memang iseng traveling sendirian. Eh, lama-kelamaan saya jadi ketagihan,” ujar Bea.

Nggak sedikit tempat yang pernah dia jamah seorang diri seperti Jogja, Bromo, Baluran, Bali, dan Lombok. Selain itu, dia juga pernah berkeliling ke beberapa negara tetangga selama hampir satu bulan seperti Philipina, Kamboja, Vietnam, Sri Lanka, dan Myanmar.

Bea in action, Sri Lanka 2017. (Instagram/@beasolotraveler)

Dari perjalanannya itu, Bea kerap mengunggah foto-foto hasil jepretannya ke media sosial. Bahkan, dia membuat akun Instagram khusus untuk mengunggah foto perjalanannya. Lewat akun yang diberi nama @beasolotraveler itu dia mengajak orang lain untuk berani melawan ketakutannya untuk melakukan perjalanan seorang diri.

Hobi jalan-jalan itu nyatanya banyak mendatangkan manfaat kepada Bea. Selain mendapat pengalaman dan teman baru saat solo traveling, dia juga kerap mendapat endorse dari beberapa brand, lo.

“Saya sering dapat endorse dari agen perjalanan, brand yang menyediakan barang-barang traveler, penginapan," terang Bea.

Bea saat di Myanmar. (Instagram/@beasolotraveler)

Bea menambahkan, lantaran sering mengunggah konten traveling pada akun instagramnya, datanglah brand yang melirik dirinya untuk diajak bekerja sama. Nggak tanggung-tanggung, mulai dari flight, penginapan, hingga makan, semuanya gratis.

“Waktu itu saya diundang untuk workshop events salah satu brand dan dibiayai alias gratis selama 3 hari 2 malam di Jogja. Dalam waktu dekat ini saya juga mau kerja sama lagi sama brand lain,” jelas Bea.

Tentu, Bea diminta untuk memberikan kontribusi atas perjalanan gratis tersebut. Kontribusinya yakni membuat konten sederhana mengenai perjalanannya ke Jogja.

Kendati sudah melancong ke 9 negara, Bea masih memiliki keinginan pergi ke ratusan negara lain untuk mencapai cita-citanya keliling dunia. Berkaitan dengan hal itu, Bea sempat berpikir akan fokus menjadikan hobinya sebagai pekerjaan. Namun, dia menanggalkan pikiran ini dan tetap menjadikan solo traveling sebagai hobinya saja.

Wah, hobi yang menyenangkan ya, Millens. Siapa nih yang mau jalan-jalan secara gratis seperti Bea? (Hayyina Hilal/E04)