Gunung Wangi Bangkel, Tempat Sang Pencetus Nama Ki Hajar Dewantara Dimakamkan

Gunung Wangi Bangkel, Tempat Sang Pencetus Nama Ki Hajar Dewantara Dimakamkan
Tangga menuju Puncak Gunung Wangi Bangkel. (Instagram/karyabaktibangkel)

Nggak banyak yang tahu dari mana nama Ki Hajar Dewantara, yang bernama asli RM Suwardi Suryaningrat, tecipta. Sedikit pula yang mengetahui bahwa sosok pencetus nama tersebut kini dimakamkan di puncak Gunung Wangi Bangkel, Bantul.

Inibaru.id – Kelompok diskusi Selasa Kliwonan, cikal dari Taman Siswa, menjadi ihwal nama Ki Hajar Dewantara tercipta. Nama itu dicetuskan RM Sutatmo Suryokusumo yang dalam diskusi selalu memanggil sepupunya itu Ki Ajar, alih-alih Suwardi Suryaningrat yang merupakan nama aslinya, lantaran menonjol dalam ilmu keguruan.

Pada 3 Februari 1928, Suwardi resmi mengganti namanya menjadi Ki Hajar Dewantara. Namun, mungkin nggak banyak tahu tentang RM Sutatmo, kecuali dia adalah anggota Boedi Oetomo.

Nah, untuk kamu yang pengin mengenal RM Sutatmo, bertandanglah ke Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Mampirlah ke Dusun Bangkel, tepatnya ke Gunung Wangi Bangkel yang menawarkan keindahan lanskap Bantul dari ketinggian. Di puncak bukit itulah jasad RM Sutatmo dimakamkan.

Pintu masuk menuju Kompleks Pemakaman RM Sutatmo Suryokusumo. (Cermin-jayaperkasa.blogspot)

Akses jalan menuju ke gunung ini tidaklah sulit. Kamu bisa ke sana dengan kendaraan pribadi. Jika berangkat dari pusat Kota Yogyakarta, jarak yang perlu ditempuh sekitar 12 kilometer.

Di sana, kamu akan menjumpai gazebo-gazebo di antara pepohonan jati dan sengon. Melihat ketinggiannya, tempat ini lebih tepat disebut bukit. Untuk sampai ke puncaknya, pengunjung perlu menaiki tangga.

Gazebo di sekitar Gunung Wangi Bangkel. (Cermin-jayaperkasa.blogspot)

Kompleks Pemakaman

Sesampai di puncak, sebuah kompleks pemakaman bakal menyambutmu. Di sanalah tubuh RM Sutatmo Suryokusumo yang masih keturunan trah Pakualam disemayamkan.

RM Sutatmo adalah sepupu RM Suwardi Suryaningrat atau Ki Hajar Dewantara. Dia berkontribusi juga pada bidang pendidikan Indonesia, lo.

Kompleks pemakaman di Gunung Wangi Bangkel, Bantul. (Cermin-jayaperkasa.blogspot)

Nggak hanya berziarah, kamu bisa mendapatkan pemandangan indah di bukit ini. Supaya wisatawan betah berlama-lama di sana, pengelola menambahkan spot-spot foto yang menarik.

Berlatarkan bunga-bunga matahari, aksi narsismu bakal jadi tambah ciamik. Ha-ha.

Kamu kapan ke Gunung Wangi Bangkel? Sebelum berangkat, siapkan dulu bekal untuk disantap di sana ya. Selamat bersenang-senang! (IB15/E03)