Gunung Gandul Wonogiri, Gunung yang Aman Didaki Saat Musim Penghujan

Mendaki di musim penghujan bisa saja dilakukan dengan catatan jalur yang kamu lalui aman. Untuk urusan yang satu ini, Gunung Gandul di Wonogiri, Jawa Tengah, bisa jadi pilihan mendakimu. Nggak percaya? Kulik dulu, yuk!

Gunung Gandul Wonogiri, Gunung yang Aman Didaki Saat Musim Penghujan
Gunung Gandul Wonogiri. (Kompas.com)

Inibaru.id – Pada musim penghujan seperti sekarang, kebanyakan pendaki biasanya memilih “berhibernasi” dulu. Musim penghujan memang membuat jalur pendakian semakin sulit dilewati sehingga perlu lebih berhati-hati. Tapi, ini bukan berarti kamu nggak bisa mendaki. Gunung Gandul di Wonogiri, Jawa Tengah adalah gunung yang relatif aman didaki saat musim hujan, lo.

Kalau kamu berangkat dari pusat Kota Wonogiri, kamu hanya perlu 30 menit untuk tiba di gunung ini. Gunung Gandul berada di barat kota, tepatnya Kelurahan Giriwono. FYI, gandul dalam bahasa Jawa berarti gantung. Penduduk menamainya begitu karena puncak gunung ini tampak seperti batu besar yang menggantung jika dilihat dari kejauhan.

https://3.bp.blogspot.com/-3hdN1lq3Udo/Vd8Z12xhWHI/AAAAAAAABVE/13fFrn33VkE/s1600/PhotoGrid_1440680885368.jpg

Jalur pendakian Gunung Gandul. (lagilibur.com)

Untuk naik Gunung Gandul, kamu nggak perlu repot membawa pelbagai peralatan ya. Kamu juga nggak perlu membawa pakaian tebal seperti biasanya. Jalur menuju puncak gunung ini nggak terjal dan pendakiannya pun hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Jadi, cukup kenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman saja, Millens. Kalau pengin lebih asyik, jangan lupa bawa camilan ya, he-he!

Setiba di puncak Gunung Gandul, panorama indah dari setiap sudut Kota Wonogiri akan menyambutmu. Menengok sisi timur gunung ini, kamu akan menjumpai Gunung Lawu dan barisan perbukitan dari kejauhan. Sementara itu, di arah utara dan barat laut, Waduk Tandon dan Gunung Gajah Mungkur menjadi pemandangan yang tak kalah cantiknya untuk diabadikan. Kalau kamu berbalik ke arah Selatan, Waduk Gajah Mungkur dan Gunung Gajah jadi pemandangan indah berikutnya.

Baca juga: Amankah Mendaki Saat Musim Hujan?

https://4.bp.blogspot.com/-we24FQupsn8/WSeGeMEz_5I/AAAAAAAAAFg/at7ZItoa9UcBQhLobmp8owtuAmRHRij8ACLcB/s1600/DSC_0096.JPG

Pemandangan dari puncak Gunung Gandul.(Ranggahaka.blogspot.com)

Kalau sudah puas menikmati keindahan Kota Wonogiri, jangan lupa bawa turun lagi sampah yang kamu hasilkan ya. Kalau kebersihan Gunung Gandul tetap terjaga, tentu ini juga bikin pendaki lain betah berlama-lama di sana. Jadi, siapkan kantong plastik dulu sebelum berangkat. Selamat mendaki! (IB15/E05)