Gua Kidang Kencana, Tempat Bertemunya Penggembala dengan Seekor Rusa

Gua Kidang Kencana, Tempat Bertemunya Penggembala dengan Seekor Rusa
Dinding-dinding Gua Kidang Kencana membentuk ornamen yang unik. (Liputan 6)

Gua Kidang Kencana di Yogyakarta adalah salah satu destinasi yang cantik. Siapa sangka, gua yang berada di Kulonprogo ini punya sejarah yang juga unik. Seperti apa kisahnya?

Inibaru.id – Ada banyak wisata alam yang indah jika kamu sedang berada di Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta. Di Kecamatan Girimulyo, tepatnya di Dusun Sabrang Kidul, Kecamatan Purwosari, Gua Kidang Kencana adalah salah satu destinasi yang tepat untuk menguji nyalimu bertualang.

Gua Kidang Kencana rupanya punya sejarah menarik. Menurut cerita setempat, gua sepanjang 350 meter ini ditemukan kali pertama oleh seorang penggembala bernama Bongsoriyo. Saat itu, Bongsoriyo tengah mencari kambingnya yang hilang.

Setelah sempat kebingungan hendak mencari ke mana lagi, dia memutuskan pergi ke sebuah gua. Nggak disangka, di sanalah kambing itu berada. Si kambing ternyata nggak sendirian. Di mulut gua itu pula, seekor rusa menemaninya. Atas peristiwa itu, Bongsoriyo lantas menamai gua tersebut “Kidang Kencana”.

Jika kamu pengin menjelajahi Gua Kidang Kencana, kamu bisa meminta tolong keturunan Bongsoriyo yang menjadi pemandunya.

https://ocmcdn.oomph.co.id/uploads/shareit_contents/2018/05/06/35361/8_20180506102852_guaturki.jpg

Bagian luar Gua Kidang Kencana tampak eksotis ya? (Oomph)

Di dalam gua ini, terdapat ornamen bebatuan dengan bentuk yang unik. Saat melewati beberapa bagian gua, kamu harus berjongkok dan merangkak. Ini karena beberapa bagian berukuran kecil dan sempit. Kamu yang punya ukuran badan berlebih sebaiknya mengecilkan ukuran lebih dulu ya. Ha-ha.

Tertarik menjelajahi Gua Kidang Kencana? Datanglah ke sana pada pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Gua Kidang Kencana menerima kunjungan wisatawan setiap hari kok. Sebelum masuk ke gua, kamu perlu menyiapkan uang sebanyak Rp 15 ribu per orang sebagai ganti harga tiket. Murah kan?

Menyaksikan keindahan Gua Kidang Kencana bikin pengin berkunjung ke wisata alam lainnya di Kulonprogo, nih. Sebelum menjelajahi kabupaten ini, siapkan dulu daftar destinasi yang pengin kamu kunjungi ya! (IB15/E03)