Grojogan Selondo, Air Terjun yang Mengintip di Relung Dinding Batu

Grojogan Selondo, Air Terjun yang Mengintip di Relung Dinding Batu
Grojogan Selondo Wonogiri. (Instagram.com/bendottetapsemangat)

Laiknya dinding batu yang terbelah lalu memunculkan air terjun tersembunyi, itulah Grojogan Selondo. Masih alami dan belum dikelola secara profesional tak menghilangkan salah satu pesona alam Wonogiri ini.

Inibaru.id – Air terjun yang mengalir deras di dalam relung tebing membuat Grojogan Selondo begitu indah dipandang mata. Tak heran kalau banyak yang mengidolakan lokawisata air yang berada di Desa Bakalan, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Jateng, ini.

Selain sedap dipandang, Grojogan Selondo juga bisa menjadi latar yang menarik untuk swafotomu. Suara airnya yang nggerojok deras pun dijamin bakal menjadikanmu lebih rileks di sana. Terlebih, ada satu jembatan yang juga instagenik di dekat air terjun tersebut.

Jembatan di dekat Grojogan Selondo. (Gocharniansya)

Oya, suasana di sekitar jembatan yang merupakan jantung jalan penghubung warga setempat itu sangat cocok untukmu yang lagi pengin menyepi. Yang unik, pada bagian bawah air terjun, ada dua kolam kecil yang biasa dijadikan tempat nongkrong pelancong.

Setali tiga uang, sungai yang mengalir dari air terjun juga menjadi sasaran pengunjung untuk sekadar menceburkan kaki, ciblon, atau duduk-duduk di bebatuannya, sembari mencari spot terbaik untuk berfoto.

Mudah Dijangkau

Hingga kini, Grojogan Selondo belum dikelola secara profesional, baik oleh pemerintah setempat maupun pihak swasta. Maka, jangan terlalu berharap pada fasilitas umum ya, Millens. Namun, lantaran berada di dekat jalan raya, tak sulit mengakses tempat yang berlokasi di areal persawahan tersebut.

Nggak jauh dari Grojogan Selondo, kamu juga bisa menikmati pemandangan indah di bumi perkemahan dan pemandian Selondo yang berada di Desa Ngrayudan, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Yap, Kecamatan Purwantoro memang berbatasan langsung dengan Jatim.

Oya, nama Selondo berasal dari kata “selo” dan “ondo”. Jika digabung, keduanya mengandung arti tangga batu. Nah, di Desa Ngrayudan itulah tangga batu tersebut berada. Sayang, kendati masih dipakai untuk berkemah, tangan-tangan tak bertanggung jawab mencorat-coret batu itu. Duh, syediiih!

Menjelang akhir pekan, nggak ada salahnya kamu mempersiapkan diri buat liburan , Millens! Dan, ya, tentu saja Grojogan Selondo bisa menjadi alternatif wisata murahmu! (IB20/E03)