Goa Urang Grobogan, Tempat yang Menantang untuk Agenda Caving-mu

Goa Urang Grobogan, Tempat yang Menantang untuk Agenda <em>Caving</em>-mu
Susur Gua Urang (Ihategreenjello.com)

Wilayah Pegunungan Kendeng terkenal memiliki wisata guanya. Goa Urang yang berada di Desa Kemadohbatur, Grobagan, cocok untuk menemani penjelajahan dan susur gua kamu. Penasaran?

Inibaru.id - Pegunungan kars di Kabupaten Grobogan memang cocok untuk kamu yang suka bertualang. Selain mendaki, kamu juga melakukan susur gua alias caving, yang salah satunya bisa kamu lakukan Goa Urang.

Berada di Dusun Guwo, Desa Kemadohbatur, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, kamu setidaknya butuh waktu sejam perjalanan dari pusat kota Grobogan. Akses menuju tempat ini cukup sulit. Jadi, kamu yang nggak terlalu suka mblusuk-mblusuk lebih baik mengurungkan niat pergi ke gua ini. Ha-ha.

Gua Urang. (wspamungkas-grobogan.blogspot)

Eits, meski sepanjang perjalanan dipenuhi tanjakan dan turunan menantang, jalur menuju gua ini juga dipenuhi pepohonan hijau yang menyegarkan, serta area persawahan penduduk yang bikin jiwa lebih sejuk. So, this is worth a try!

Udang yang "Nyasar"

Dalam bahasa Jawa, urang berarti udang. Seperti namanya, Goa Urang disebut demikian lantaran konon kita bisa menemukan banyak udang di gua tersebut. Tentu saja ini cukup mengherankan karena udang merupakan binatang air yang umumnya hidup di air asin, payau, atau air tawar. Hm, entahlah!

Keunikan Goa Urang memang cukup banyak menyedot perhatian para peneliti. Seperti diketahui, Pegunungan Kendeng yang meliputi wilayah Grobogan, Blora, Salatiga, hingga Sragen, memang dikenal sebagai kawasan pegunungan karst yang dipercaya memiliki banyak gua. Gua-gua itu juga memiliki keindahan stalagmit dan stalaktit yang masih hidup, lo.

Gua di pegunungan krast. (Petrasawacana.wordpress)

Nah, kalau kamu suka tantangan, nggak ada salahnya akhir pekan ini berkunjung ke Goa Urang. Namun, karena mau susur gua, beberapa peralatan seperti senter tangan, senter kepala, pelindung kepala, kompas, sepatu boots, hingga pelampung perlu kamu siapkan. Tetap pertimbangkan keamanan ya, Millens! (MG26/E03)