Goa Seplawan Diyakini Sebagai Persinggahan Penguasa Laut Selatan

Goa Seplawan Diyakini Sebagai Persinggahan Penguasa Laut Selatan
Patung Dewa Siwa dan Dewi Parwati menyambut pengunjung Goa Seplawan. (Reresepan)

Goa Seplawan nggak hanya menarik pengunjung lewat bebatuan di dalamnya, tapi juga dengan mitos-mitosnya. Selain diyakini menjadi tempat persinggahan penguasa Laut Selatan, goa ini sempat menjadi tempat penyebaran Islam. Gimana kisahnya?

Inibaru.id – Sebagai salah satu kawasan wisata di Kabupaten Purworejo, Goa Seplawan menyimpan sejarah yang unik. Gua yang berada di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing ini nggak hanya memiliki bebatuan yang indah, tapi juga beberapa kisah menarik.

Gua sepanjang 700 meter ini rupanya menjadi tempat bertapa, lo. Ini ditunjukkan oleh tulisan dalam bahasa Sansekerta yang berbunyi “Saplu Wan”. Dalam bahasa Indonesia, “Saplu Wan” berarti “Pertapaan Manusia Suci”.

Ada pula yang menyebutkan bahwa Goa Seplawan memiliki lorong yang bakal tembus hingga ke laut selatan. Nggak heran jika sebagian orang meyakini bahwa tempat tersebut memang menjadi salah satu persinggahan Nyi Roro Kidul.

https://bonvoyagejogja.com/wp-content/uploads/2017/04/Goa-Seplawan-maspeot.jpg

Tangga di Goa Seplawan. (Bonvoyagejogja)

Selain mitos itu, Goa Seplawan dikaitkan pula sebagai tempat penyebaran Islam. Sunan Kalijaga-lah yang menjadi penyebar Islam di Purworejo, termasuk di kawasan ini.

Nggak jauh dari mulut Goa Seplawan, kamu juga bakal menemukan pondasi Candi Gondoarum. Di sana, terdapat Lingga Yoni yang menjadi asal-usul penamaan candi ini.

Saat hendak dipindahkan, Lingga Yoni menyebarkan bau harum sehingga pengelola kemudian menamai pondasi serta bebatuan yang berserakan di sana sebagai Candi Gondoarum.

Nyi Roro Kidul diyakini menjadikan tempat ini sebagai salah satu pintu masuknya ke Laut Selatan. (Travelingyuk)

Tertarik mengunjungi Goa Seplawan? Jika kamu berangkat dari Kota Yogyakarta, kamu bisa melewati rute Jalan Godean dan mengambil arah ke Samiguluh. Dari jalan tersebut, ambillah arah ke Goa Kiskendo dan ikuti papan petunjuk jalan.

Biaya tiket masuk ke Goa Seplawan nggak mahal kok. Dengan Rp 3.000 saja, kamu bisa menikmati keindahan alam ini dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB. Oya, selama di sana, selalu jaga sikap sopanmu ya. Jangan pula seenaknya meninggalkan sampah.

Puas menelusuri goa, kamu bisa melepas lelah dan lapar di warung kok. Jadi,  nggak perlu repot bawa bekal. Yuk, berkunjung ke Purworejo! (IB06/E03)