Goa Jepang hingga Tuk Bening, Dua Sisi Lain dari Kebun Teh Kaligua

Goa Jepang hingga Tuk Bening, Dua Sisi Lain dari Kebun Teh Kaligua

Selain ngeteh dan menikmati kebun teh yang bikin hati dan pikiran tenang, sejumlah wahana di Agrowisata Kaligua juga bisa kamu coba, mulai dari berkunjung ke Tuk Bening sampai ke Goa Jepang

Inibaru.id – Nggak melulu menikmati tea walk alias jalan-jalan di kebun teh, melihat proses pembuatan teh, atau duduk-duduk ngeteh, berada di Agrowisata Kaligua kamu juga bisa menyambangi hal lain, yakni menyambangi Goa Jepang dan Tuk Bening.

Berada di Dusun Kaligua, Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, perkebunan teh yang merupakan peninggalan zaman Belanda tersebut memang menawarkan sensasi ngeteh langsung di kebunnya. Namun, di situ juga ada beberapa spot lain yang nggak kalah menarik.

Masih di lokasi agrowisata milik PTP Nusantara IX itu, kamu bisa menyusuri goa buatan sepanjang sekitar 850 meter yang dikenal sebagai Goa Jepang. Untuk menyusurinya, kamu bakal ditemani seorang pemandu yang akan menjelaskan tentang sejarah Goa Jepang.

Kemudian, spot yang nggak kalah menarik dari kompleks kebun the yang berada di ketinggian 1.500-2.050 mdpl dengan luas sekitar 605,8 hektare itu adalah Tuk Bening, mata air yang airnya bisa langsung diminum.

Belum puas? Kamu juga bisa menikmati sejumlah fasilitas dan wahana yang cukup menarik serta menggugah adrenalin lo. Sebutlah misalnya tempat mancakrida (outbound) seperti luncur gantung (flying fox), jaring laba-laba, hingga kolam renang dan tempat pemandian air panas.

Agrowisata Kaligua juga dilengkapi tempat olahraga seperti tennis, sepak bola, bola voli, hingga biliar. Kamu yang malas jalan kaki juga bisa menyewa kuda atau bersepeda.

Sementara, kalau mau menginap, kamu bisa menyewa homestay atau berkemah di camping ground yang bisa menampung hingga 100 tenda.

Tertarik berkunjung? Dari Brebes, kamu cukup mencari Jalan Raya Paguyangan hingga menemukan pertigaan menuju Desa Pandansari. Dari sana, kamu tinggal menempuh perjalanan sejauh 18 kilometer yang cukup menanjak. Mudah, bukan? (IB20/E03)