Gerbang Neraka Seluas Lapangan Bola di Turkmenistan

Gerbang Neraka Seluas Lapangan Bola di Turkmenistan
Darzava Gas Crater atau Gerbang Neraka. (Wikipedia Common)

Di dunia ini masih ada beberapa tempat yang menyimpan misteri. Salah satu tempat tersebut adalah Gerbang Neraka atau Darzava Gas Crater. Berlokasi sekitar 266 kilometer dari Kota Ashgabat, Turkmenistan, Darvaza Gas Crater terkenal dengan kobaran api yang seakan nggak pernah padam.  

Inibaru.id – Bukan aktivitas vulkanik atau magma yang menyebabkan kobaran api tersebut. Melainkan, karena gas yang keluar dari perut bumi.

Nggak hanya itu, ada sederet fakta menarik dari Gerbang Neraka atau Darzava Gas Crater di Turkmenistan. Kira-kira apa saja?

1. Ditemukan oleh Insinyur Uni Soviet

Orang yang kali pertama menemukan Darzava Gas Crater adalah insinyur Uni Soviet (saat ini Rusia) pada 1971. Nggak ada yang tahu pasti bagaimana asal usul tempat ini. 

Ada yang mengatakan kalau tempat ini ada karena kesalahan peneliti dari Uni Soviet ketika pengeboran gas alam. Mereka salah dalam melakukan perhitungan sehingga alat-alat berat itu ambruk dan membentuk lubang.

2. Dijuluki Gerbang Neraka

Oleh warga lokal, Darvaza Gas Crater kemudian dijuluki sebagai Door to Hell atau Gerbang Neraka. Tempat ini memang dipenuhi api yang nggak pernah padam dan lumpur yang mendidih. Hi, mirip penggambaran neraka ya?

Pada siang hari, lubang ini tampak seperti tempat jatuhnya meteor. Memang, lubang dalam ini sangat dalam sehingga terlihat hitam. Belum lagi ada bekas terbakar di sekelilingnya. Meskipun begitu,  Darvaza Gas Crater dapat menerangi kawasan gurun pada malam hari. Cahaya api ini berasal dari kawah sedalam 20 meter.

3. Seluas Lapangan Sepak Bola

George Kourounis, orang pertama yang melakukan ekspedisi ke Gerbang Neraka di Turmenistan.  (George Verschoor - National Geographic Channels)
George Kourounis, orang pertama yang melakukan ekspedisi ke Gerbang Neraka di Turmenistan.  (George Verschoor - National Geographic Channels)

FYI, kawah ini mempunyai total luas sekitar 5.350 meter persegi atau setara dengan luas lapangan sepak bola di Amerika Serikat. Jangan heran jika wisatawan sudah bisa merasakan hawa panasnya sebelum mencapai bibir kawah. 

Meski nama tempat ini seram, nyatanya Darvaza Gas Crater merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler. Sekitar 50 ribu wisatawan sudah berkunjung ke tempat ini dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Wah!

4. Cadangan Gas Terbesar di Dunia

Bukan cuma luas, kawah ini menyimpan cadangan gas terbesar di dunia. Menukil Business Insider, kawah gas ini setidaknya memproduksi sekitar 75 miliar meter kubik gas setiap tahun.

Hal itu menyebabkan tempat ini terlalu berbahaya untuk ditinggali. Karena itu, sejak 2004 Presiden Turkmenistan Gurbanguly, meminta penduduk Darzava untuk pindah ke tempat lain karena alasan keamanan.

5. Nggak Pernah Padam

Awalnya, peneliti mengira kawah ini cuma bakal bertahan dalam beberapa minggu. Tapi, dugaan mereka keliru. Hingga kini gas tersebut terus terbakar dan nggak pernah padam selama hampir 5 dekade. Suhunya mencapai 40 derajat Celsius.

Menarik sekaligus seram ya, Millens? Etapi, kamu mau berkunjung ke sini nggak? (Kum/IB21/E03)