Gerabah Klipoh dan Pagi yang Indah di Desa Karanganyar Magelang

Gerabah Klipoh dan Pagi yang Indah di Desa Karanganyar Magelang
Dusun Klipoh, daerah penghasil gerabah di Desa Karanganyar Kecamatan Borobudur, Magelang. (Fotokita)

Gerabah menjadi salah satu kerajinan yang sering dicari. Nggak hanya berfungsi sebagai peralatan rumah tangga, kerajinan ini juga menjadi penghias rumah yang indah. Di Desa Karanganyar, Magelang, kamu bisa menemukan pelbagai kerajinan gerabah yang cantik dan unik. Ada apa saja di sana?

Inibaru.id – Bagi beberapa daerah di Indonesia, tanah liat merupakan sumber daya alam yang luar biasa. Ini lantaran tanah liat bisa diolah menjadi pelbagai benda yang memiliki nilai ekonomi. Salah satunya adalah untuk pembuatan gerabah.

Nah, di Desa Karanganyar, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, tepatnya di Dusun Klipoh, gerabah menjadi penggerak roda ekonomi di sana. Sudah sejak lama dusun tersebut dikenal sebagai sentra industri gerabah. Bahkan, sebagian warganya menggantungkan hidup dari benda pecah belah itu.

Kerajinan gerabah di Desa Karanganyar. (Kompas/Sigid Kurniawan)

Berkunjung ke desa ini mungkin bakal bikin tanganmu gatal lantaran pengin belanja. Di sana, kamu bakal menjumpai cobek, kendi, hingga blengker.

Eits, nggak hanya berbelanja, kamu juga bisa ikut belajar membuat kerajinan gerabah, lo. Desa Karanganyar menyediakan pelatihan dengan biaya yang relatif murah, yakni Rp 5.000 saja. Eh, harga murah ini hanya untuk pelajar ya, Millens. Untuk kelas umum, tentu harga yang dipatok berbeda.

Belajar membuat kerajinan gerabah di Desa Karanganyar. (Kompas/Sigid Kurniawan)

Kerajinan Lain

Selain kerajinan gerabah, warga Desa Karanganyar juga dikenal sebagai penghasil kerajinan bronjong (saringan tahu), ukir, dan anyaman bambu. Jadi, selain belajar membuat gerabah, di desa ini kamu juga bisa mengikuti pelatihan-pelatihan itu.

Lantaran bronjongan Desa Karanganyar dikenal dengan kualitasnya yang awet dan tahan lama, nggak sedikit pengusaha tahu dari luar Magelang, bahkan luar Jawa, yang tertarik membeli produk di sana.

Desa Karanganyar Magelang. (Kompas/Sigid Kurniawan)

Tertarik menyambangi desa ini juga? O ya, sebelum berangkat memborong kerajinan-kerajinan tersebut, sebaiknya kamu bangun pagi dan sempatkan menikmati matahari terbit ya.

Di Dusun Ngadiwinatan II, tepatnya di pinggir persawahan, terdapat spot khusus untuk menikmati keindahan pagi. Lantaran didatangi banyak wisatawan, jasa pemandu pun sudah disiapkan.

Sebentuk senja di Desa Karanganyar. Indah! (karanganyar-village.blogspot)

Jadi, siapkan perlengkapanmu, cari waktu libur, dan melesatlah ke Desa Karanganyar! (IB15/E03)