Ribuan Warga Banjarnegara Jadi "Harimau" di Kebun Binatang Serulingmas

Unik dan menarik, inilah yang dilakukan Kebun Binatang Serulingmas. Demi menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan harimau yang kian menjadi satwa langka, kebun binatang di Banjarnegara itu menggelar aksi "Jalan Sehat 1.000 Topeng Harimau". Seperti apa, ya?

Ribuan Warga Banjarnegara Jadi "Harimau" di Kebun Binatang Serulingmas
Acara jalan sehat yang dinisiasi oleh Kebun Binatang Serulingmas Banjarnegara, Jawa Tengah. (Kebun Binatang Serulingmas)

Inibaru.id – Ada yang spesial di Kebun Binatang Serulingmas Banjarnegara, Jawa Tengah, pada Minggu (6/8/2018) lalu. Bertolak dari kebun binatang kebanggaan warga Kota Gilar-Gilar tersebut, tak kurang dari 1.000 warga tampak mengikuti jalan sehat. Yang unik, mereka berjalan sembari mengenakan topeng kertas berbentuk harimau.

Agenda bertajuk “Jalan Sehat 1.000 Topeng Harimau” ini memang menjadi ajang untuk mengajak masyarakat merasa lebih dekat dengan harimau. Ini juga merupakan upaya untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar melestarikan satwa yang kian langka itu.

Direktur Serulingmas Lulut Yekti Adi mengatakan, saat ini kebun binatang tersebut memiliki dua harimau Benggala yang merupakan kebanggaan di sana.

"Nah, kami ingin menjadikan harimau sebagai ikon utama dengan dijadikan topeng untuk peserta,” tuturnya.

Anak-anak ikut memeriahkan kegiatan jalan sehat ini. (Kebun Binatang Serulingmas)

Kegiatan yang dihadiri Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono itu diikuti hampir seluruh kalangan yang didominasi warga Banjarnegara, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Nah, lantaran melibatkan anak-anak, rute yang mereka tempuh pun nggak terlalu jauh, yakni sekitar tiga kilometer.

Seusai jalan sehat, panitia kemudian membagi-bagikan doorprize sembari menyajikan hiburan musik tek-tek dan akustik. Hadiahnya banyak, lo! Ada sepeda gunung, kulkas, mesin cuci, dan hadiah-hadiah lainnya.

Hadiah sepeda gunung didapat oleh seorang karyawan PD Karya Praja, Mulyono. Menurut Mulyono, acara jalan sehat ini terbilang unik dan bisa mengisi hari liburnya.

Alhamdulillah. Senang bisa mendapatkan hadiah berupa sepeda gunung ini. Jadi bisa buat olahraga,” ujarnya.

Keseruan "Jalan Sehat 1000 Topeng Harimau". (Kebun Binatang Serulingmas)

Jalan Sehat 1000 Topeng Harimau merupakan bagian dari rangkaian “Gebyar Serulingmas 2018” yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Jadi ke-21 Serulingmas. Sebelumnya, rangkaian acara telah diawali dengan Pet Expo dan Festival Akustik pada Minggu (19/8) lalu.

Wah, kampanye yang bagus dari Serulingmas, nih, Millens! Kalau kamu sedang jalan-jalan ke Banjarnegara, jangan lupa mampir ke sana en sapa dua harimau benggala yang ada di sana, ya! (IB08/E03)