Yuk, Pura-Pura Syuting ke Mini Hollywood dari Sleman, Studio Alam Gamplong!

Yuk, Pura-Pura Syuting ke Mini Hollywood dari Sleman, Studio Alam Gamplong!
Seorang pengunjung tengah berfoto di Gamplong Studio Alam Sleman. (Instagram/chandraant)

Gamplong Studio Alam Sleman semula hanya menjadi latar film Sultan Agung The Untold Story. Namun, atas keinginan sang pemodal latar, tempat ini kemudian dihibahkan pada Pemkab Sleman. Kini, Gamplong Studio Alam Sleman jadi salah satu tempat terbaik untuk berfoto-foto.

Inibaru.id – Nama Mooryati Soedibyo tentu bukanlah nama yang asing bagi penggemar kosmetik. Perempuan asal Yogya ini dikenal masyarakat lewat bisnis produk kecantikannya yaitu Mustika Ratu.

Seolah pengin bersyukur atas kesuksesannya, Mooryati membuat sebuah film sejarah. Melalui film itu, dia berharap bisa menambah wawasan masyarakat.

https://jogjakartour.com/wp-content/uploads/2018/06/studio-alam-jogja.png

Tampilannya klasik banget kan? (Jogjakartour)

Untuk menunjukkan totalitasnya, Mooryati lantas membangun sebuah studio yang dinamainya Gamplong Studio Alam Sleman. Dibangun pada Oktober 2017 silam, studio ini memiliki luas sekitar dua hektare. Di sanalah film Sultan Agung The Untold Story dibuat.

Film yang disutradarai Hanung Bramantyo ini membutuhkan latar tempat dan waktu sekitar abad ke-16. Latar ini bisa didapatkan di Desa Gamplong lantaran desa ini menjadi pusat kerajinan tenun. Selain itu, kondisi alamnya pun asri.

Proses syuting di Studio Alam Gamplong. (Djogjatrans)

Untuk mendukung suasana pedesaan ini, Mooryati juga membangun beberapa gedung semi-permanen yakni Gerbang Keraton Karta Kerajaan Mataram, Pendopo Alit Keraton Karta, Pendopo Ageng Keraton Karta, Benteng Holandia, Kampung Mataram, serta Kampung Pecinan di masa lampau. Hm, kebayang kan seklasik apa tampilannya?

Begitu pembuatan film Sultan Agung The Untold Story rampung, studio itu lantas dihibahkan pada bupati Sleman. Sejak itu pula lokasi ini nyaris nggak berhenti menerima pengunjung.

Pecinan mini di Studio Alam Gamplong. (Travelspromo)

Kamu yang hobi narsis sebaiknya datang ke sana. Nggak ada tiket masuk ke area ini. Kamu hanya diwajibkan membayar biaya parkir sekitar Rp 2.000-20.000.

O ya, meski begitu, harus tetap ingat jam operasionalnya ya. Studio ini dibuka pukul 08.00-17.00 WIB.

Hm, siapin kamera dulu, ah! Ada yang pengin ikutan foto nggak? (IB15/E03)