Enam Minuman Ini Bisa Membantumu Cegah Mabuk Perjalanan

Enam Minuman Ini Bisa Membantumu Cegah Mabuk Perjalanan
Mabuk di perjalanan dialami sebagian orang (theluxurytravelexpert.com)

Mabuk perjalanan bisa diatasi dengan mengonsumsi minuman berbahan alami ini. Apa saja ya?

Inibaru.id – Liburan ke suatu tempat yang baru tentu menyenangkan. Namun, mabuk di perjalanan nggak jarang menghancurkan itu semua. Rencana buyar, liburan pun jadi nggak menggembirakan. Ini pula yang sering kali membuat kita malas berlibur ke luar kota.

Nah, meski belum ada penelitian medis benar-benar membuktikannya, nggak sedikit orang yang memilih mengonsumsi minuman tertentu agar mabuknya hilang. Entah karena tersugesti atau benar-benar "sembuh", mereka acap kali mengaku merasa lebih baik setelah meminumnya

Nah, kalau kamu mengalami permasalahan yang sama dalam perjalanan, kamu mungkin bisa meniru orang-orang tersebut. Apa saja?

  1. Air Mineral

https://odysseyonline-img.rbl.ms/simage/https%3A%2F%2Faz616578.vo.msecnd.net%2Ffiles%2F2016%2F03%2F19%2F6359396147516088872041205728_bigstock-Bottled-Water-In-Line-2330506.jpg/2000%2C2000/s2fg%2BP04ZB7OeB%2Be/img.jpg

Air mineral da;lam kemasan (Odysseyonline.com)

Mabuk perjalanan bisa terjadi karena kamu mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Dehidrasi ini kemudian membuatmu merasa mual dan nggak nyaman. Untuk mencegah mual semakin parah, segeralah konsumsi air mineral supaya cairan tubuh yang hilang bisa tergantikan.

  1. Air Jahe

http://fitlife.tv/wp-content/uploads/2016/02/IMG_7785-1024x851.jpg

Air jahe (fitlife.tv)

Jahe dipercaya mampu mengurangi gejala mabuk perjalanan. Kalau kamu nggak bisa memakannya langsung, seduhlah dengan air hangat.

Sejak dulu jahe memang menjadi salah satu ramuan tradisional yang konon mampu mengatasi beragam masalah pencernaan, termasuk mual dan muntah. Jadi, nggak ada salahnya kalau kamu membawa rempah ini untuk teman perjalananmu, bukan?

  1. Jus Jeruk

https://i.ytimg.com/vi/lqWABqruPcI/maxresdefault.jpg

Jus jeruk (Youtube.com)

Jeruk nggak hanya bagus untuk mengobati sariawan. Kandungan asamnya juga bagus untuk meredakan gangguan asam lambung dan mengurangi mual yang kerap muncul di perjalanan. Minuman ini juga cukup mudah kamu dapatkan di warung-warung atau rumah makan.

  1. Air Kelapa Muda

https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/soc-phoenix/wp-content/uploads/2015/03/29135838/shutterstock_377642452.jpg

Air kelapa (Jurnall.sociolla.com)

Selain berfungsi menetralisasi racun dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, air kelapa muda juga konon efektif untuk meredakan gejala mabuk perjalanan. Setelah mengonsumsi air ini, tubuh umumnya memang akan terasa segar. Namun, mencari kelapa muda tentu bukanlah perkara gampang, terutama kalau kamu liburan ke negeri subtropis.

  1. Teh Kayu Manis

https://bi.mk/wp-content/uploads/2016/10/cimet-caj.jpg

Teh dengan campuran kayu manis (Pixabay)

Selain jahe, rempah lain yang bisa kamu pakai untuk mencegah mabuk perjalanan adalah kayu manis. Campurlah rempah ini bersama teh yang bisa kamu beli di tengah perjalanan. Semoga saja dengan ramuan tersebut mualmu bisa berkurang. 

  1. Cuka Apel

https://cdn1.medicalnewstoday.com/content/images/hero/320/320530/320530_1100.jpg

Cuka apel (Medicalnewstoday.com)

Selain dipakai sebagai bahan pelengkap asinan, cuka apel juga disinyalir ampuh meredam mabuk perjalanan. Untuk mengonsumsinya pun mudah, kamu tinggal melarutkannya bersama air. Selain meredam mabuk perjalanan, pusingmu juga akan berkurang.

Nah, itulah sejumlah minuman yang bisa kamu konsumsi jika di tengah perjalanan liburan kamu mabuk. Namun, tentu saja cara paling efektif untuk meredam mabuk adalah dengan beristirahat. Kalau sudah benar-benar sehat, baru deh jalan-jalan. Ya, nggak? (IB15/E03)