Empat Tips Supaya Naik Gunungmu Aman dan Nyaman

Empat Tips Supaya Naik Gunungmu Aman dan Nyaman
Mendaki gunung akan lebih aman dan nyaman jika ada teman. (rei.com)

Mendaki gunung merupakan salah satu pilihan berlibur yang menyenangkan. Namun, jangan sampai liburan mendebarkan itu jadi bencana lantaran kamu kurang persiapan ini. Apa saja?

Inibaru.id - Beberapa orang memiliki hobi yang ekstrem seperti mendaki gunung. Sebelum naik gunung, tentunya ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan seperti pengetahuan tentang medan yang akan ditempuh hingga perlengkapan yang perlu dibawa. Supaya pendakianmu aman dan nyaman, ikuti beberapa tips berikut ini, yuk!

  1. Persiapkan Fisik dan Mental

Penting untuk mengetahui gimana riwayat kesehatanmu sebelum mendaki. (Pinterest)

Demi alasan keselamatan, orang-orang yang memiliki riwayat kesehatan seperti mengidap asma, gangguan paru-paru, atau jantung nggak disarankan untuk melakukan pendakian. Fisik dan mentalmu harus sehat karena mendaki adalah aktivitas yang berat.

Penting juga bagimu untuk memahami apa itu Acute Mountain Sickness (AMS) yang sering dialami pendaki ketika sampai pada ketinggian 3000-4000 mdpl. AMS biasanya ditandai dengan sakit kepala, mual, kehilangan nafsu makan, sesak napas, dan gangguan tidur. Kamu sebaiknya nggak melanjutkan pendakian kalau mengalami gejala itu.

  1. Paham Penanganan Kondisi Darurat

Ajak teman yang paham gimana melakukan pertolongan pertama (irstaidtips.org)

Mendaki gunung membutuhkan waktu yang cukup lama, dan selama itu pula nggak menutup kemungkinan terjadi hal-hal yang nggak diinginkan. Oleh karena itu kamu sebaiknya mengajak teman, minimal tiga orang, supaya jika terjadi sesuatu kalian bisa saling bahu-membahu.

Oya, pastikan juga salah seorang dari kalian punya pengetahuan untuk penanganan kondisi darurat. Jangan lupa pula untuk selalu membawa kotak P3K di dalam ranselmu.

  1. Ajak Teman yang Mengenal Lokasi Pendakian

Ajak teman yang paham medan pendakian (standrewsaline.org)

Jika kamu belum mengenal rute pendakian tujuanmu, sebaiknya ajaklah teman yang pernah ke sana. Jangan nekat mendaki tanpa ada yang mengenal lokasi karena bisa saja kamu dan timmu tersesat tanpa bisa kembali.

  1. Gunakan Pakaian dan Alas Kaki yang Nyaman

kenakan alas kaki yang nyaman supaya perjalananmu aman (shopperwear.com)

Aktivitas mendaki tentu saja nggak bisa kamu samakan dengan jalan-jalan. Ya, karena itu pilihlah busana yang nyaman dan alas kaki yang kuat. Buat perempuan, jangan merepotkan diri dengan mengenakan rok yang menghambat jalanmu. Celana adalah pilihan yang tepat karena lebih praktis dan membuatmu bebas bergerak.

Selamat mendaki, Millens! (IB15/E03)