Embung Batara Sriten, Tugu Magir, dan Matahari yang Kembali ke Peraduan

Spot terbaik menikmati sunset di Gunungkidul konon berada di sini, di kawasan Embung Batara Sriten. Menjadi puncak tertinggi di Kota Handayani, Tugu Magir di puncaknya adalah sudut terbaik menyaksikan menghilangnya sang rawi.

Embung Batara Sriten, Tugu Magir, dan Matahari yang Kembali ke Peraduan
Menjelang senja di Embung Batara Sriten, indah ya? (Bripoin)

Inibaru.id – Kelangkaan air di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta dengan membangun emung atau kolam retensi air. Salah satunya bernama Embung Batara Sriten. Kini, selain memenuhi fungsi utamanya, telaga buatan berkapasitas sekitar 10 ribu meter kubik itu juga menjadi lokawisata yang menarik.

Berada di pegunungan karst Batuagung Utara dengan ketinggian lebih dari 800 mdpl, Batara Sriten adalah salah satu tempat indah di Gunungkidul untuk menikmati matahari yang kembali ke peraduannya.

Cahaya keemasan yang terpancar di embung yang menggelap membuatnya begitu cantik. (wisatayogyakata.wordpress)

Batara Sriten berlokasi di Dukuh Sriten. Sementara, nama Batara diambil dari singkatan Baturagung Utara. Di tempat tersebut, udara sejuk begitu terasa, dengan embusan angin yang lumayan kencang. Buatmu yang nggak kuat dingin, kenakanlah jaket dan penutup kepala.

Tak ada kehidupan yang menarik di dalam waduk mini ini, karena memang nggak boleh “ditanami” ikan. Keindahan justru bisa kamu nikmati di sekitar embung. Sembari menunggu matahari terbenam, kamu bisa duduk-duduk di saung atau gazebo yang disediakan di sekitar kolam.

Menjelang malam di Embung Batara Sriten. (Ayogogoo)

Tak jauh dari embung, kamu bisa memesan camilan atau minuman seperti teh dan kopi. Kalau nggak lapar, kamu bisa bermain ayunan hammock yang juga ada di tempat berudara bersih tersebut.

Nah, kalau masih punya tenaga dan nggak mager, bolehlah berjalan agak jauh ke puncak tertinggi di Kabupaten Gunungkidul, yakni Tugu Magir. Puncak tertinggi Baturagung Utara itu berada di ketinggian 859 mdpl.

Senja pun tiba di puncak tertinggi Gunungkidul. (Pejalansenja.blogspot)

Di puncak tersebut, kamu juga bisa bermain paralayang atau berziarah makam tiban yang konon merupakan petilasan Syeh Wali Jati. Atau, cukup duduk di puncak dan memandang sekeliling pun sudah cukup menyenangkan. Ya, Gunungkidul sejauh mata memandang!

Kabupaten Klaten, pusat kota Yogyakarta, hingga Wonogiri bisa kamu nikmati dari kejauhan. Tempat terbaik menikmati sunset tentu saja berada di sini. Bahkan, kalau kamu menginap, sunrise juga bakal tampak begitu cantik di tempat yang sama.

 

Indahnya Embung Batara Sriten. (Indonesia.tripcanvas)

Pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima saat menaiki atau menuruni wilayah ini ya, Millens! Selalu utamakan keselamatan dan jangan guyon di sepanjang perjalanan. Have a nice day! (IB20/E03)