Road Trip Aman dan Nyaman dengan Campervan Idaman, Bisakah?

<em>Road Trip</em> Aman dan Nyaman dengan <em>Campervan</em> Idaman, Bisakah?
Campervan nyaman adalah yang sesuai kebutuhan. (Wandering-around)

Memilih campervan atau karavan yang tepat untuk liburan bukanlah perkara sulit, meski tak juga bisa dikatakan mudah. Nah, beberapa trik ini mungkin bisa membantumu!

Inibaru.id - Hidup nomaden beratapkan mobil atau lebih dikenal dengan van life belakangan menjadi cara populer sejumlah orang yang enggan menetap di satu tempat. Cara itu juga digunakan sebagian pelancong yang menginginkan kemudahan tempat bermukim.

Alih-alih menyewa kamar atau mendirikan tenda, sebagian camper atau traveler memilih menjadikan van sebagai rumah. Selain mudah, road trip juga menjadi kesenangan tersendiri. Maka, muncullah mobil-mobil karavan seperti campervan, caravan, motorhome, dan camper trailer.

Di antara keempatnya, campervan menjadi yang paling banyak diminati saat ini. Meski ada sejumlah kekurangan, bentuk campervan yang lebih ramping dan mudah dikemudikan menjadikannya sebagai pilihan utama.

Namun, memodifikasi mobil menjadi campervan bukanlah perkara mudah. Harga belinya mahal, perawatannya juga nggak bisa dibilang gampang. Solusinya? Tentu saja menyewa adalah pilihan rasional.

Menyewa campervan juga harus penuh pertimbangan, Millens. Nah, tips dari Outdoorsy (4/4/2018) ini bisa menjadi panduanmu!

Jenis Campervan

Campervan, pilihan tepat untukmu yang nggak pengin ribet mendirikan tenda. (Adventure-journal)

Campervan favorit umumnya antara Volkswagen klasik atau modifikasi Mercedes Sprinter Van 2018. Kalau pengin muat lebih banyak, kamu bisa memilih Ram Promaster, Mercedes Sprinter, atau Ford Transit. Nah, untuk perjalanan berdua, Ford Transit Connect, Ram Pro Master City, atau Nissan NV 200 lebih direkomendasikan.

Rute Perjalanan

Sesuaikan campervan dengan rute perjalananmu. (Unsplash/Dino Reichmuth)

Pertimbangkan campervan yang menggunakan penggerak roda belakang (RWD) kalau rute perjalananmu cukup ekstrem. Kalau rute perjalananmu nggak neko-neko, sewalah campervan yang biasa.

Ukuran

Hasil gambar untuk ukuran campervan berdua

Jenis-jenis campervan. (Lovelifeadventureofirene.blogspot)

Ukuran mobil yang sesuai akan membuat perjalananmu lebih efisien. Jika hanya pergi berdua, cukuplah menyewa campervan mini seperti VW Campervan atau Ford Transit Connect. Selain harga sewa yang lebih murah, bahan bakar yang dibutuhkan juga pasti lebih irit.

Konsumsi Bahan Bakar

Perjalanan dengan campervan. (Outdoorsy)

Secara garis besar, campervan mengonsumsi 10-28 MPG (10 MPG sama dengan 23,5 liter per 100 kilometer). Ini bergantung pada ukuran, tahun, dan jenis mesin. Jadi, bijaklah memilih campervan, biar bujet road trip-mu nggak membengkak.

Gimana, siap menyewa campervan untuk berlibur? Oiya, lebih penting dari itu semua, pastikan kondisi tubuhmu prima ketika akan menjalani road trip, dan jangan ugal-ugalan! Happy weekend! (IB20/E04)