Daycation ke Kampung Batik Laweyan Solo, Ngapain Saja?

<em>Daycation</em> ke Kampung Batik Laweyan Solo, Ngapain Saja?
Kampung Batik Laweyan. (Pesona.travel)

Melancong untuk menghabiskan hari libur yang singkat bisa dilakukan dengan menelusuri perkampungan "lawas" yang menyimpan pelbagai kisah, semisal ke Kampung Batik Laweyan. Apa saja yang menarik di sana?

Inibaru.id - Kampung Batik Laweyan adalah ikon batik di Kota Solo, Jawa Tengah. Semua orang mengetahuinya. Sejak berdiri pada awal abad ke-19, tepatnya ketika asosiasi pedagang Sarikat Dagang Islam bentukan Haji Samanhudi pada 1912, nggak kurang dari 250 motif batik telah dipatenkan.

Namun, berkunjung ke Kampung Batik Laweyan nggak melulu sekadar memburu batik. Kalau kamu punya uang, tentu saja bakal menarik kalau itu menjadi agenda utama. Eits, tapi banyak hal menarik lain yan juga bisa kamu lakukan di kampung batik terbesar kedua di Solo, setelah Kampung Kauman, itu.

Berburu Batik Bagus

Tentu saja memburu batik harus menjadi agenda utama. Yap, batik terbaik di Solo mungkin bisa kamu temukan di Laweyan, yang bisa kamu beli langsung dari pengrajinnya.

Berbeda dengan motif batik di Kauman yang cenderung klastik dengan warna gelap, Batik Laweyan lebih menampilkan pewarnaan batik yang lebih terang. Nggak kurang dari 250 motif batik telah dipatenkan di Laweyan. Nggak pengin punya salah satunya? Ha-ha.

Ikut Workshop Membuat Batik

Nggak hanya membeli, kamu juga bisa belajar membuat batik di Kampung Batik Laweyan. Di sana ada semacam paket workshop membuat batik berdurasi sekitar dua jam. Dengan kursus singkat itu, kamu bakal diajari pelatihan membatik intensif.

Pengalaman ini tentu menarik untukmu yang pengin mendalami dunia batik sekaligus mengetahui kenapa harga batik bisa selangit. Di sana, kamu bakal mengetahui gimana teknik membatik tulis dan cap, mempraktikkannya, lalu membawa pulang hasil karyamu sendiri. Seru, bukan?

Menikmati Suasana Perkampungan

Kamu yang tinggal di pusat kota dengan hiruk-pikuknya yang menjemukan, berkunjung ke Laweyan mungkin bisa jadi pelarian. Gang-gang sempit dengan orang-orang yang ramah bakal menyambutmu. Tenang dan jauh dari kebisingan adalah beberapa hal yang bakal kamu dapatkan di sana.

Berwisata Kuliner

Melancong nggak bakal lengkap tanpa menikmati menu kuliner warga setempat. Maka, sempatkanlah mencicipi makanan khas di Laweyan. Pelbagai makanan khas Solo tersedia di sana. Kamu bisa mencicipi kue ledre atau apem yang mungkin sudah jarang kamu temui di tempat tinggalmu.

Yap, lengkap sudah. Kamu yang cuma punya waktu satu hari pun masih bisa berlibur ke Kampung Batik Laweyan, kok! (IB20/E03)