Eloknya Hamparan Yogyakarta dari Puncak Tebing Breksi

Eloknya Hamparan Yogyakarta dari Puncak Tebing Breksi
Tebing Breksi. (Paketwisatajogja.biz)

Bukit bekas penambangan rupanya bisa juga menjadi tempat wisata, salah satunya yang ada di Yogyakarta. Tebing Breksi namanya. Pemandangan memukau bakal memanjakanmu di wilayah yang kini masuk cagar budaya tersebut.

Inibaru.id – Panorama candi-candi, perbukitan, dan gunung di sekitar Yogyakarta bisa kamu saksikan dari tempat ini. Tebing Breksi namanya. Nggak heran kalau banyak yang datang ke lokawisata yang semula merupakan lokasi bekas penambangan batu tersebut. Yap, di tempat itu, kamu bisa memandang lanskap Yogyakarta sejauh-jauhnya.

Tebing Breksi. (wisatayogyakartamagelang.id)

Seperti ditulis Piknikasik.com, Tebing Breksi semula merupakan bukit batu biasa yang dijadikan lokasi penambangan oleh warga sejak 1980-an. Batu-batu itu biasanya digunakan warga untuk membuat kerajinan. Namun, penambangan batu kemudian dihentikan lantaran batuan kapur di sana rupanya merupakan endapan abu vulkanik.

Diduga, endapan abu vulkanik itu berasal dari Gunung Purba Nglanggeran, Gunung Kidul. Kawasan itu lalu ditetapkan sebagai cagar budaya. Nah, karena nggak bisa ditambang, warga pun menyulap kawasan bukit tersebut menjadi objek wisata. Apalagi, guratan bekas galian juga memang sudah tampak indah.

 

 

Area pertunjukkan yang berada di dalam kawasan Tebing Breksi. (Alodiatour.com)

Bebatuan di bukit tersebut semakin artistik setelah seniman lokal memahat batu untuk membuat gambar wayang maupun lukisan lainnya, seperti ditulis Pikiran-rakyat.com (23/12/2017). Kini, wilayah tersebut dibuka untuk umum dan menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup ramai di Yogyakarta.

Tebing Breksi memang banyak menarik wisatawan yang menyukai petualangan khusus seperti panjat tebing dan sepeda gunung. Para penyuka fotografi dan foto selfie juga suka ke tempat itu karena banyak spot menarik untuk difoto atau berswafoto, Millens

Tebing Breksi pada malam hari. (Masbidintravel.net)

Oya, kamu juga nggak perlu kerepotan untuk mencapai puncak, kok. Ada anak tangga di sisi tebing yang bisa kamu gunakan. Sembari naik, kamu bisa menikmati panorama indah yang disuguhkan. Eits, tapi ingat, kalau berkunjung pada siang hari, jangan lupa pakai penutup kepala untuk menghindari terik matahari. Pastikan juga alas kakimu nggak licin!

Untuk menuju ke tempat wisata yang berada di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, ini, kamu bisa melalui rute menuju Candi Prambanan. Pilih arah menuju Piyungan, lalu di pertigaan, ambil jalan ke kiri. Setelah satu kilometer, kamu akan tiba di Tebing Breksi. Kamu hanya perlu membayar Rp 2.000 sebagai biaya parkir.

Tebing atau Bukit Breksi. (garasijogja.com)

Pastikan kendaraanmu dalam kondisi baik mengingat jalannya yang menanjak dan bergelombang. Namun, ini sebanding dengan kepuasan yang kamu dapatkan. Kamu juga bisa sekalian berkunjung ke Candi Ijo, Candi Barong, Watu Papal, dan tempat wisata lain yang nggak jauh dari Tebing Breksi.

Wah, jadi penasaran, nih! Yuk, berkunjung ke tempat ini! (IB08)