Sudut yang Tepat Bikin Dinding Air Terjun Luweng Sampang Mirip Ngarai Antelope Arizona

Dinding tebing beralur menambah keindahan air terjun yang berlokasi di Gunungkidul ini. Saat berada di sudut yang tepat, kamu bakal seolah tengah berada di Ngarai Antelope yang begitu terkenal di Arizona.

Sudut yang Tepat Bikin Dinding Air Terjun Luweng Sampang Mirip Ngarai Antelope Arizona
Bebatuan yang mengapit air terjun menambah keelokan Luweng Sampang. (Instagram/alvhiemoe)

Inibaru.id – Navajo Indian Reservation atau penampungan terbesar suku Indian Dine di Amerika Utara dikenal memiliki satu lokawisata favorit, yakni Ngarai Antelope (Antelope Canyon). Berlokasi di Page, Coconino County, Arizona, ngarai ini begitu terkenal lantaran dindingnya yang dipenuhi gurat-gurat simetris.

Terbentuk oleh erosi air dari banjir dan air hujan yang mengalami proses sub-aerial serta diterpa aliran pasir, dinding ngarai itu tampak apik meliuk-liuk, mengikuti lekukan ngarai. Inilah yang membuat kamera pengunjung tak henti membidiknya.

Namun, tak harus ke Arizona, keindahan itu juga bisa kamu temukan di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Ngarai Antelope versi mini itu bisa kamu jumpai di kompleks air terjun Luweng Sampang yang berlokasi di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari.

https://66.media.tumblr.com/324407f2083a5647ac580c8170c622e4/tumblr_o8n6qv6MRa1tpjd2qo1_1280.jpg

Angle yang tepat akan membuatmu seolah berada di Ngarai Antelope. (Instagram/iqbal_musawa)

Pada posisi yang tepat, kamu bakal bisa menikmati dinding di samping air terjun ini begitu mirip dengan gurat-gurat dinding di Ngarai Antelope. Bahkan, tak seperti ngarai yang gersang, dasar Luweng Sampang justru dipenuhi air.

Kamu juga bisa menikmati air terjun berwarna kebiruan yang tampak segar dan mengalir deras di ujung "ngarai" sembari duduk-duduk di tebingnya.

Nggak jauh berbeda dengan Ngarai Antelope, tebing batu cadas di samping air terjun yang membentuk guratan memanjang itu juga tercipta lantaran erosi air sungai yang terjadi secara terus-menerus.

Alam di sekitar air terjun masih terjaga keasriannya. (paketwisatadjogja.com)

Oya, dalam bahasa Jawa, luweng berarti lubang. Nah, karena berada di Desa Sampang, jadilah kompleks air terjun yang dari atas berbentuk seperti lubang memanjang itu dinamai Luweng Sampang.

Untuk mencapai Luweng Sampang, kamu menempuh jarak sekitar 30 kilometer dari Yogyakarta. Mungkin butuh waktu sejam untuk mencapai air terjun eksotis itu dari pusat kota. Sekurangnya ada dua jalur yang bisa kamu gunakan, yakni via ring road Ketandan atau lewat Prambanan.

https://pbs.twimg.com/media/Cej4YteWsAQL26B.jpg

Berenang di dasar air terjun Luweng Sampang juga bisa jadi pilihan menarik. (Twitter)

Untuk masuk ke Luweng Sampang, kamu nggak perlu mengeluarkan biaya tiket, Millens. Kamu cukup membayar uang parkir yang nggak bakal menguras kantong, lalu silakan menikmati lokawisata air tersebut sepuasmu. (IB23/E03)