Eksotisme Sunset di Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa

Para pemburu sunset harus menjadikan pantai ini dalam daftar kunjung mereka. Pantai Tanjung Gelam namanya. Berlokasi di Karimunjawa, pantai berpasir putih itu menawarkan panorama matahari senja yang indah banget.

Eksotisme Sunset di Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa
Pantai Tanjung Gelam. (aksara389.files.wordpress.com)

Inibaru.id – Pesona Pulau Karimunjawa seolah nggak ada habisnya. Banyak sekali lokasi indah yang bisa dieksplorasi. Nggak cuma menawarkan pantai yang bersih, di kepulauan yang berada di barat laut Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini, juga selalu berhasil menghadirkan matahari terbenam yang begitu menawan, salah satunya di Pantai Tanjung Gelam.

Seperti ditulis piknikasik.com, Pantai Tanjung Gelam berada di pulau utama Karimunjawa, berbentuk tanjung dengan daratan yang menjorok ke laut. Dengan pasir putih bersih dan pepohonan nyiur yang berjajar rapi di bibir pantai, siapapun yang datang ke sini dijamin bakal sulit untuk nggak jatuh cinta dengan pantai itu.

Kamu bisa duduk-duduk sembari memandang panorama eksotis ditemani semilir angin pantai di area tersebut. Terlebih, air lautnya begitu jernih dengan warna hijau kebiruan pasti akan menyegarkan matamu. Tinggal pakai baju berenangmu, lalu, byur! Hm, nikmat!

Pantai Tanjung Gelam menjelang senja. (Piknikasik.com/Tikasupomo)

Masih kurang? Kamu bisa mencoba mengeksplorasi eksotisme bawah laut di kawasan ini dengan melakukan snorkeling atau diving. Eits, jangan lupa, kamu perlu lisensi selam dari lembaga resmi untuk melakukan scuba diving, ya! Kalau nggak punya, kamu bisa memilih snorkeling. Pemandangan bawah lautnya ciamik banget.

Fasilitas yang tersedia di area pantai ini juga cukup memadai, lo. Ada sejumlah warung makan yang menjual kuliner khas laut, misalnya barbeque ikan yang disajikan bersama es kelapa muda. Pelbagai sajian lain yang bikin air lirut menetes juga bisa kamu pilih.

Sunset Andalan

Biasanya, para wisatawan mengunjungi Tanjung Gelam sebagai tujuan terakhir setelah seharian menjelajah Karimunjawa. Selain panorama pantainya yang begitu khas, menanti sunset di sini begitu mendebarkan. Dari bibir pantai, kamu bisa menyaksikan matahari yang perlahan tergelincir ke ufuk barat, menawarkan cahaya jingga keemasan yang perlahan meredup dan menjadi gelap. Wah!

Posisi pantai yang berada di ujung barat pulau memang memungkinkan pengunjung untuk memperoleh tempat sempurna untuk menangkap momen matahari yang kembali ke peraduan. Jangkauan pandang nggak bakal terhalang apapun sehingga kamu bisa leluasa menikmati senja. Kamu juga bisa memotret sunset itu sembari mendengarkan alunan lembut debur ombak.

Sunset di Tanjung Gelam. (abbabilkarimunjawa.com)

Oya, kalau berwisata ke pantai ini satu minggu pasca-Hari Raya Idul Fitri, kamu bisa sekaligus menyaksikan pesta Lomban. Tradisi ini merupakan sedekah laut sekaligus ungkapan rasa syukur masyarakat atas berkah yang selama ini mereka terima.

Akses untuk menuju pantai ini juga mudah, kok. Kamu bisa memilih untuk melewati jalur laut atau darat. Yang perlu kamu tahu, bila menggunakan jalur laut, kamu nggak bisa berlama-lama lantaran laut akan pasang pada malam hari. Biasanya, perjalanan wisata kamu akan berakhir pukul 18.15 WIB, seperti ditulis laman Karimunjawakita.com.

Tradisi Pesta Lomban di dekat Pantai Tanjung Gelam. (Pinterest.es)

Namun, kalau nggak mau diburu waktu, kamu bisa menikmati perjalanan dengan menyewa kendaraan darat seperti motor atau mobil. Kamu memerlukan waktu sekitar 20 menit hingga 45 menit jika berangkat dari Alun-alun Karimunjawa. Enak, bukan?

Jadi, kapan kamu mau ke sini, Millens? (IB08/E03)