Eksotis dan Indahnya Bebatuan Goa Seplawan Purworejo

Eksotis dan Indahnya Bebatuan Goa Seplawan Purworejo
Suasana di dalam Goa Seplawan. (Ihategreenjello)

Goa Seplawan merupakan salah satu goa yang patut kamu jelajahi jika merencanakan liburan ke Purworejo, Jawa Tengah. Selain alam yang asri, pemandangan eksotis di dalam goa bakal bikin kamu terkesima. Ada apa saja ya?

Inibaru.id – Kabupaten Purworejo memang nggak memiliki tempat wisata sebanyak Kota Yogyakarta. Namun, jangan salah, bukan berarti kabupaten ini nggak memiliki tempat yang indah, lo. Di kawasan pegunungan Menoreh, kamu bisa menemukan objek wisata yang menarik, yaitu Goa Seplawan.

Berada di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, gua ini menyuguhkan suasana alam yang asri dan sejuk. Nggak jauh dari Goa Seplawan, kamu bakal menjumpai patung replika Dewa Siwa dan Dewi Parwati. Patung kedua dewa-dewi yang asli sudah disimpan di Museum Nasional Jakarta ketika ditemukan pada 1979. Sebagai gantinya, dibuatlah patung replika tersebut.

https://2.bp.blogspot.com/-haG_DjFQsmU/WN5juvC5E5I/AAAAAAAABqE/uouOXkQlz_YrQX3LXX5qH_SNJXfw2syKwCLcB/s1600/IMG_0171.jpg

Di depan Goa Seplawan, kamu bakal disambut patung Dewa Siwa dan Dewi Parwati. (Sportourism)

Nah, untuk masuk ke dalam gua, kamu perlu melewati tangga paving yang melingkar. Namun, jangan bayangkan keadaan di dalamnya gelap ya. Gua ini sudah dilengkapi penerangan kok. Sembari menuruni tangga tersebut, kamu mungkin bakal terkagum-kagum melihat gimana indahnya bebatuan di sana.

Meski pada beberapa bagian sudah terdapat penerangan, gua sepanjang 700 meter ini tetap punya beberapa bagian lainnya yang masih gelap. Untuk menjangkaunya, sebaiknya mintalah ditemani pemandu ya.

Kamu yang mengaku berjiwa petualang sebaiknya nggak melewatkan gua ini sebagai tujuanmu. Biaya tiket masuknya murah kok, cuma Rp 3.000.

Selain menikmati segarnya udara serta keindahan di kawasan Goa Seplawan, kamu juga bisa menyaksikan keindahan Purworejo dari ketinggian. Asal ingat, selama di sana, tetap jaga tingkahmu serta buanglah sampah di tempatnya ya. Yuk, jadi wisatawan yang bertanggung jawab! (IB06/E03)