Eksotiknya Bebatuan di Batu Agung Tegal

Eksotiknya Bebatuan di Batu Agung Tegal
Batu Agung. (Instagram.com/achaargubi04)

Kamu yang gemar bertualang ke tempat-tempat ekstrem mungkin sebaiknya perlu mencoba wisata satu ini. Di Tegal, Batu Agung menawarkan serunya memacu adrenalin dengan mendaki bukit bebatuan. Nggak hanya mendaki bukit, di sana kamu diajak menyusuri medan yang nggak biasa.

Inibaru.id – Sejauh ini Tegal, Jawa Tengah, dikenal sebagai kota bahari. Namun, lokawisata di sana nggak melulu tentang pesisir, pantai, atau laut, lo. Jika kamu berkunjung ke Tegal, kamu juga bisa menikmati indahnya perbukitan, salah satunya ke Bukit Batu Agung di Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal.

Batu Agung merupakan tumpukan bebatuan yang tersusun secara alami. Lokawisata ini cukup ekstrem, tapi terbilang aman karena untuk mendakinya kamu bakal dilengkapi tali keamanan. Terus, ada juga jasa pemandu yang siap membantu kamu menjelajahi tempat menantang ini.

Di atas Batu Agung, matamu akan menangkap indahnya pemandangan alam sekitar kecamatan yang berbatasan dengan Brebes tersebut. Nah, keindahan ini sayang banget kalau nggak kamu abadikan di gawaimu. Eits, tapi, selama berfoto, kamu kudu tetap hati-hati, ya. Bebatuan di sana cukup licin, Millens!

http://wisatagucitegal.id.tc/wp-content/uploads/sites/389/2016/09/info-wisata-tegal-batu-agung-balapulang-800x480.jpg

Hijaunya persawahan dan birunya langit berpadu menjadi pemandangan cantik yang sayang kalau nggak kamu abadikan (wisatagucitegal.com)

Kendati terkenal dengan sebutan "Batu Agung", nama bukit ini sebenarnya adalah Goa Lawa, lo. Batu Agung sejatinya adalah nama desa tempat bukit tersebut berada. Dalam bahasa Jawa, Goa Lawa berarti Goa Kelelawar. Namun, nama ini rupanya kurang melekat dan banyak orang lebih suka menyebutnya Batu Agung.

Bersiaplah saat memasuki Goa Lawa, karena baunya cukup menusuk hidung. Terus, lantaran terjalnya medan yang harus ditempuh, nggak sedikit pengunjung yang jatuh dan cedera di sana. Maka, sekali lagi, kamu harus berhati-hati ya, Millens!

https://indonesia.tripcanvas.co/id/wp-content/uploads/sites/2/2017/09/2-2-by-wisnoeds.jpg

Indah sekaligus menantang kan? (djendelategal.wordpress.com)

Untuk menyaksikan eksotisme bebatuan sekaligus memacu adrenalin di sana, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya tiket sebesar Rp 5.000 saja. Kalau lapar dan haus, di lokasi ini ada banyak penjual makanan. Seperti umumnya objek wisata, harga makanan dan minuman yang dijual di sana agak mahal. Jadi, lebihkan sedikit uang sakumu ya.

Sebelum memulai petualanganmu, jangan lupa berdoa supaya nggak terjadi apa-apa. Bersenang-senanglah dan temukan pengalaman barumu di Batu Agung! (IB15/E03)