Eksis di Air Terjun Pasucen yang Tersembunyi

Efek media sosial menjadikan air terjun yang tersembunyi di tengah hutan ini dikunjungi banyak wisatawan. Di mana tempatnya?

Eksis di Air Terjun Pasucen yang Tersembunyi
Pengunjung ramai mengunjungi Air Terjun Pasucen. (jejakpiknik.com)

Inibaru.id The power of social media. Yap, ungkapan itu tepat banget buat menggambarkan naiknya pamor Air Terjun Pasucen di kalangan wisatawan. Sebelumnya air terjun yang berada di Desa Pasucen, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, itu nyaris nggak terjamah apalagi terekspos oleh manusia. Hanya warga sekitar dan beberapa pelancong yang hobi blusukan saja yang singgah ke sana.

Baru pada sekitar 2016 lalu Air Terjun Pasucen mulai ramai dikunjungi wisatawan. Hal ini terjadi lantara foto-foto yang diunggah para pelancong ke media sosial. Perlahan tapi pasti keberadaan Air Terjun Pasucen viral dan menarik minat wisatawan lain untuk datang, seperti ditulis travelingyuk.com (18/12/2015).

Nggak semata karena itu, keindahan Air Terjun Pasucen mampu menjadi magnet wisatawan untuk datang. Siapa sih yang tidak ingin melihat surga tersembunyi? Berada di tengah hutan membuat air terjun setinggi kurang lebih 25 meter itu terlihat alami banget. Airnya berwarna kehijauan dan berasal dari sungai di atasnya.

Air Terjun Pasucen saat ini dikelola oleh Karang Taruna dan pemerintah desa setempat. Nggak heran kalau sudah ada fasilitas yang cukup memadai, yakni berupa lahan parkir dan pagar pengaman di sepanjang jalur menuju ke puncak air terjun.

Curug Pasucen. (Travel-rembang.blogspot.co.id)

Melansir cbfmrembang.com (16/3/2015), rute menuju ke Air Terjun Pasucen agak terjal, Millens. Meski begitu, pengunjung tetap ramai berdatangan lo. Nggak kurang 30 hingga 50 kendaraan pengunjung terparkir di sana pada hari kerja. Jumlahnya bakal meningkat pada hari libur, hingga 200 kendaraan.

Oya, kalau datang ke sana, kamu hanya akan dikenai tarif parkir, yakni Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Wah, nggak perlu biaya mahal buat piknik ya.

Untuk menuju ke sana, kamu harus menyusuri jalan sepanjang 150 meter dari tempat parkir. Namun, tenang, pemandangan alami akan menemanimu sepanjang perjalanan. Puncaknya, kamu bakal dibuat terpesona saat gemericik air terjun menyambut. Rasanya jadi pengin cepat-cepat nyemplung ke air nih. Brrr...

Sudah puas bermain air, jangan lupa swafoto biar makin eksis ya, Millens. Eits, jangan buang sampah sembarangan ya. Ingat untuk selalu menjaga kebersihan agar Air Terjun Pasucen tetap lestari.

So, kapan nih kamu mau piknik ke sana? Yuk, segera jadwalkan! (IB10/E05)