Dusun Semilir Semarang Sajikan Wisata Belanja dan Kuliner dalam Bangunan Superinstagenic

Dusun Semilir Semarang Sajikan Wisata Belanja dan Kuliner dalam Bangunan <em>Superinstagenic</em>
Pohon pule yang jadi spot foto favorit pengunjung di Dusun Semilir Semarang. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Fokus untuk menyajikan spot wisata belanja dan kuliner, Dusun Semilir Semarang layak banget kamu kunjungi. Lepas belanja dan makan, kamu bisa mengeksplor spot-spot foto yang tersedia jika kamu masih "haus" untuk berswafoto.

Inibaru.id - Kabupaten Semarang terkenal dengan wisata alamnya yang memesona. Wisata yang satu ini merupakan hasil tangan manusia yang layak dikunjungi. Berada di Jl. Soekarno Hatta No. 49, Bawen, kamu dijamin nggak akan kesulitan menemukan wahana wisata yang satu ini karena berada tepat di pinggir jalan raya menuju Solo/Yogya. Yup, hanya sekitar 1 km dari terminal Bawen kok, Millens!

Tampak luar bangunan Dusun Semilir. (Inibaru.id/ ZUlfa Anisah)

Berjuluk Dusun Semilir, wisata ini sempat menggegerkan jagad IG selama lebaran kemarin karena keunikannya. Banyak yang nggak sabar pengin mengunjunginya. Nggak heran, tempat ini menggaet hingga 10 ribu pengunjung tiap hari  saat libur lebaran. Bayangkan saja, dengan HTM Rp 5.000 saja, pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada di dalamnya.

Dari luar, bangunan Dusun Semilir berbentuk 7 stupa akan membuatmu takjub. Begitu masuk, kamu akan disuguhkan dengan pohon pule besar nan hijau di tengah plaza. Spot ini jadi favorit pengunjung karena keunikannya. Belum lagi pernak pernik berupa tiang, atap, dan lampu aesthetic yang bakal bikin kamu terkesima.

Jembatan Senggol jadi spot foto sekaligus berburu jajanan zadul. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Nggak hanya itu, spot foto di luar plaza utama juga menarik lo. Tinggal pilih ingin berfoto dengan latar langit biru atau dengan latar jembatan senggol yang ikonik. Terbuat dari bambu, pattern anyaman jembatan senggol ini bisa banget jadi latar fotomu.

Fokus Pada Wisata Belanja dan Kuliner

Meski masih dalam tahap pembangunan, fasilitas Dusun Semilir dibilang sudah lengkap. Saat ini manajemen mengkhususkan wisata ini berfokus pada wisata belanja dan kuliner. Terbagi menjadi tiga bagian utama, segmentasi produk yang dijajakan juga berbeda-beda, Millens!

Berbagai oleh oleh yang bisa kamu beli di Dusun Semilir. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Di plaza utama, kamu bisa menemukan berbagai oleh-oleh tradisinonal nusantara. Mulai dari pakaian, aksesoris, hiasan rumah yang bernuansa etnik nan unik bisa kamu pinang. Ada juga berbagai camilan untuk oleh-olehmu nanti. Bergegas ke bangunan yang terbuat dari bambu yang superbesar dan meliuk-liuk, disebut dengan Jembatan Senggol. Di sini kamu bisa menemukan jajanan masa kecil seperti rambut nenek, cimol, dan lain-lain. Kalau masih lapar, kamu bisa makan makanan berat di food court Sepoi-Sepoi yang ada di bagian paling bawah. Komplet banget kan?

Food Court Sepoi-Sepoi yang menyajikan makanan tradisional. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Manajemen Dusun Semilir mengatakan, saat ini masih ada pengembangan wahana. “Selanjutnya akan ada wahana Pet Village, Miniatur Eropa dan Banyu Biru berupa danau buatan,” tutur Dernadhetta Yuliyanti, Director of Sales and Marketing. Namun dia belum bisa memastikan kenaikan harga yang akan diterapkan setelah semua wahana selesai.

Aquarium superbesar di plaza utama jadi favorit anak-anak. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Bertransaksi di tempat ini, kamu diwajibkan menggunakan kartu khusus yang harus diisi minimal dengan Rp 50.000. Tapi, kalau kamu cuma ingin berburu foto, kamu nggak perlu menggunakan kartu. Kalau kamu tertarik datang, tempat ini buka mulai pukul 09.00 – 21.00. Jadi gimana Millens? tertarik datang ke sini? (Zulfa Anisah/E05)