Dusun Krebet, Belantara Hutan yang Menjelma Desa Wisata Yogyakarta
Sebelum mengembangkan batik kayu sebagai kerajinan, warga fokus pada bidang pertanian. (Republika)

Dusun Krebet, Belantara Hutan yang Menjelma Desa Wisata Yogyakarta

Sebelum menjadi desa penghasil batik kayu, Dusun Krebet dulunya merupakan hutan belantara di perbukitan. Seorang perempuan lantas membuka lahan dan menamainya “Krebet”. Tapi, sebenarnya, dari mana sih asal-usul nama dusun ini?

Inibaru.id – Yogyakarta memiliki puluhan desa wisata yang memesona. Nggak heran jika provinsi ini menjadi salah satu destinasi terpopuler di Jawa.

Seolah pengin menunjukkan keelokan budaya mereka, warga di beberapa desa memproduksi barang-barang bertema kebudayaan Jawa. Desa Sendangsari di Kecamatan Pajangan, Bantul, misalnya.

Desa Sendangsari memiliki dusun kecil bernama Krebet. Dusun ini dikenal sebagai pusat pembuatan batik kayu. Untuk mencapai dusun ini, kamu perlu menempuh jarak sekitar 12 kilometer jika berangkat dari pusat Kota Yogyakarta.

Sesampai di sana, kamu nggak akan menjumpai pemandangan alam yang asri. Dusun Krebet merupakan wilayah yang tandus karena bertanah kapur.

Seperti warga desa umumnya, warga Desa Sendangsari semula mengandalkan pertanian sebagai sumber penghasilan mereka. Namun, lantaran hasil panen nggak seberapa, warga kemudian membuka lahan baru di perbukitan.

Salah seorang warga yang ikut membuka lahan adalah Nenek Kasem. Selama membuka lahan, Nenek Kasem sering melihat Pohon Krebet. Bentuknya yang besar memudahkan perempuan tua ini sehingga dia pun kemudian menamai wilayah yang dibukanya itu sebagai Dusun Krebet.

Membatik telah menjadi keahlian sebagian besar warga Dusun Krebet. (Travelingyuk)

Lantaran penghasilan di bidang pertanian masih dianggap kurang, warga lantas melirik usaha lain. Memanfaatkan kayu-kayu yang tumbuh di sekitar dusun, mereka mengembangkan kerajinan batik kayu. Mulai dari tempat tisu, patung, hingga topeng bisa kamu borong di sana. Rumahmu bakal makin terkesan etnik dengan barang-barang tersebut.

O ya, selain mengembangkan kerajinan batik kayu, Dusun Krebet juga mengembangkan kerajinan bunga kering, lo. Kerajinan ini sebaiknya masuk pula ke keranjang belanjamu.

Selain Dusun Krebet, jangan lupa untuk mengunjungi dusun-dusun lain di Desa Sendangsari ya. Siapa tahu, kamu justru makin cinta dan pengin tinggal di sana. Siapa tahu juga, kamu mungkin ketemu jodoh di sana! Ha-ha. (IB15/E03)