Dulu Markas Para Pesilat, Padepokan Gunung Talang Kini Jadi 'Rumah' Makhluk Tak Kasat

Dulu Markas Para Pesilat, Padepokan Gunung Talang Kini Jadi 'Rumah' Makhluk Tak Kasat
Padepokan Gunung Talang yang digerogoti lumut dan pepohonan. (Inibaru.id/ Audrian F)

Sudah ada banyak orang yang memberi anggapan kalau Gunung Talang adalah tempat angker. Tapi setelah berkunjung ke sana, anggapan tersebut nggak mengherankan sih.

Inibaru.id - Joe Kal, Youtuber penjelajah tempat-tempat angker itu berkunjung ke sebuah pendopo pada kontennya yang rilis pada 25 Januari 2019. Seperti biasa, dia menunjukkan gelagat tanpa rasa takut saat berada di tempat tersebut.

“Tuh, kan, di sini ada dupa. Berarti pendopo ini dianggap orang sebagai tempat angker,” ujarnya sambil mengarahkan cahaya senter ke berbagai sudut gelap.

Pendopo tersebut berada di Gunung Talang, Bendan Dhuwur Gajah Mungkur, Semarang. Warga sekitar lebih akrab dengan sebutan “padepokan”.

Joe Kal, bukanlah yang pertama. Ada youtuber berkonten horor lain yang lebih dulu menjelajah. Keduanya nggak menyebut tempat tersebut dengan gamblang. Mungkin mereka khawatir bakal memunculkan kesan buruk. Tapi bagi saya, sudahlah. Tempat ini sudah jadi rahasia umum. He

Dua warga sekitar yang kebetulan berkunjung ke padepokan Gunung Talang. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Dua warga sekitar yang kebetulan berkunjung ke padepokan Gunung Talang. (Inibaru.id/ Audrian F)

Selain Youtuber, saluran TV swasta nasional juga pernah bikin acara di sini yakni “Dunia Lain”. Saya kurang tahu tahun berapa, tapi dengan adanya acara-acara berbau horor tadi, berarti memang orang menganggap kalau padepokan Gunung Talang ini angker.

Penasaran, saya lantas bertanya kepada warga sekitar. Benar saja, banyak cerita mistis yang melingkupi daerah ini. Katanya, ada yang pernah melihat sosok kera putih dan perwujudan lainnya. 

“Saya pernah melihat sosok tanpa wajah. Di dekat kuburan Gunung Talang,” ujar salah seorang warga yang nggak ingin disebut namanya.

Di dekat Gunung Talang memang ada sebuah permakaman. Warga tadi menuturkan kalau kejadian itu ditemuinya saat suatu malam kebetulan melintas di kuburan itu. Semenjak itu, dia nggak pernah berani melintas.

Papan penanda wisata Swarga Langit di Gunung Talang. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Papan penanda wisata Swarga Langit di Gunung Talang. (Inibaru.id/ Audrian F)

Selain cerita mistis, banyak juga orang-orang yang hendak mengunduh tuah. Misalnya saja mencari nomor atau bersemadi untuk meraih suatu hal. Tempat ini memang sepi sehingga sering dijadikan tempat pacaran. Padahal, kata warga di sini sempat ditemukan sepasang kekasih yang meninggal dalam keadaan gancet. Jadilah tempat ini makin mistis.

Minarsih yang juga salah seorang warga juga punya sejumlah cerita menyeramkan di Gunung Talang. Perempuan ini juga menjadi saksi pembangunan padepokan. Jadi dia tahu persis bagaimana lokasi itu berubah dari waktu ke waktu.

“Dulu belum ada rumah-rumah. Hanya ada pohon-pohon, sepi sekali,” ujarnya.

Padepokan Gunung Talang tampak dari depan. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Padepokan Gunung Talang tampak dari depan. (Inibaru.id/ Audrian F)

Dia mengaku kalau nggak sekali melihat penampakan sesosok orang tua atau pocong. Namun hal itu dia anggap biasa, karena tiap hari hidupnya di situ.

“Ya sering. Cuma saya waktu itu nggak takut,” jelasnya.

Memang menurut Minarsih, yang bikin masyarakat banyak berasumsi kalau tempat itu angker karena mungkin lokasinya. Pohon-pohon yang rimbun tumbuh dan lebat bikin suasana tampak seram. Terlebih karena adanya padepokan terbengkalai yang jadi lokasi favorit Youtuber horor.

Pada 2020 sebetulnya di Gunung Talang didirikan sebuah tempat wisata bernama “Swarga Langit”. Mungkin wisata itu dibuat agar memperbaiki citra Gunung Talang agar nggak lagi angker.

Namun pandemi tampaknya menggagalkan misi tersebut. Yang bisa saya temukan hanya sisa-sisanya yang menambah kesan seram.

Kamu pernah berkunjung ke Gunung Talang, Millens? Seram nggak? (Audrian F/E05)