Downtron, Inovasi Baru Kota Semarang dalam Mendongkrak Sektor Pariwisata

Ada pemandangan menarik saat kamu melintasi Jalan Pemuda selepas sore hingga malam hari. Tepatnya di dinding Gedung Pandanaran kamu bisa menyaksikan animasi 3D dari Downtron yang menayangkan ikon-ikon wisata Semarang.

Downtron, Inovasi Baru Kota Semarang dalam Mendongkrak Sektor Pariwisata
Downtron bersama Tugu Muda makin mengindahkan Kota Semarang. (Inibaru.id/ Audrian F)

Inibaru.id - Dalam rangka mengembangkan sektor pariwisata, Kota Semarang membuat inovasi dengan menampilkan Downtron di Gedung Pandanaran, lo. Jadi kamu bakal dihibur dengan berbagai animasi 3D keren dan unik berisi rujukan destinasi penting di Kota Semarang. 

Downtron menggunakan susunan ribuan lampu DOM yang membentuk imaji setelah disinkronkan dengan komputer. Hasilnya cool banget deh!

Downtron dengan animasi 3D. (Inibaru.id/ Audrian F)

Downtron ini selain untuk mendongkrak aspek pariwisata juga untuk mewujudkan misi Kota Semarang sebagai Pop Culture of Java. Sebab, sebagaimana kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat meresmikan Downtron ini, Semarang nggak menyajikan wisata dengan keindahan alam. Jadi dengan adanya ini, Semarang ingin memberikan warna wisata yang berbeda dari kota-kota lainnya.

“Kita sadar tidak memiliki pantai pasir putih atau gunung yang indah serta alam yang asri. Ini adalah salah satu sarana menambah ikon wisata Semarang yang sudah hadir sebelumnya seperti Semarang Bridge Fountain, JPO ikonik Pandanaran dan revitalisasi Kota Lama,” terang Hendi dilansir dari Genpi.co.

Pemerintah Kota Semarang dalam hal ini memang tampaknya bersungguh-sungguh dalam menghadirkan Downtron ini. Bagaimana nggak, nyatanya Downtron yang terdiri dari ribuan lampu DOM itu menelan anggaran sebesar Rp 2 miliar. Nggak heran kan kalau hasilnya bagus banget?

"Downtron ini diharapkan bisa memperkuat posisi Kota Semarang sebagai sebagai salah satu ikon wisata. Anggaran yang digunakan sebanyak 2 miliar," tutur Hendrar Prihadi.

Nah, kalau kamu penasaran, datang saja ke Gedung Pandanaran pukul 18.30 hingga 21.00. Tenang, nggak ada hari libur kok. O ya, di akhir pekan jam tayangnya hingga pukul 21.30 WIB.

Selanjutnya, Hendrar Prihadi kabarnya akan mengagas jembatan kaca di Hutan Tinjomoyo. Jembatan tersebut akan melintasi Kaligarang. Wah jadi nggak sabar deh uji adrenalin di sana.

Gimana, makin keren kan Kota Semarang tercinta ini? (Audrian F/E05)

Tags : #KotaSemarang