Tetap Diet Selama Traveling Nggak Mustahil, kok!

Saat traveling, bakal sayang kalau melewatkan kuliner khas daerah yang dikunjungi. Namun, terlalu kalap mencicipi kuliner daerah bisa membuat dietmu hancur. Berikut cara menjaga diet ketika sedang bepergian.

Tetap Diet Selama Traveling Nggak Mustahil, kok!
Membawa bekal makanan saat traveling adalah pilihan yang tepat bagi orang yang sedang menjalani program diet. (Shutterstock)

Inibaru.id – Bagi sobat Millens yang sedang menjalani program diet, traveling adalah hal yang sangat dilematis. Di satu sisi, kamu bisa melepas penat tapi di sisi lain program dietmu terancam hancur karena pola makan yang nggak teratur. Supaya kamu tetap bisa melancong tanpa mengorbankan diet, coba deh biasakan membawa bekal saat traveling.

Detik.com, Jumat (22/12/2017), menulis, membawa bekal sendiri saat bepergian bisa memberikan banyak manfaat, khususnya bagi mereka yang sedang dalam program diet. Namun, menurut pakar kesehatan Leona Victoria Djajadi MND, hal ini akan sulit untuk dilakukan, apalagi jika kamu melakukan perjalanan jarak jauh ke luar kota atau ke luar negeri.

Meal planning atau membawa makanan sendiri tentu lebih sehat,” terang Leona.

Jika kamu pergi ke suatu tempat, tentu akan sayang bila nggak mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Kamu pun lebih tertarik untuk melakukan cheating atau mencoba makanan. Memang hal ini wajar untuk dilakukan, tapi sebaiknya jangan mencicipi terlalu berlebihan karena tentu bakal membuat program dietmu berantakan.

Cheating sebenarnya termasuk dalam emotional hunger. Hal ini biasanya terjadi karena seseorang pengin mencicipi atau tertarik dengan makanan yang baru. Bahkan, ada yang mengaku terbawa suasana. Sebagai contoh, saat jalan-jalan ke Disneyland, kita tertarik dengan makanan dengan bentuk karakter Disney yang lucu,” tambahnya.

Jangan khawatir, kamu bisa mengatasi hal itu, kok. Leona menyebut kamu bisa menghindari kemungkinan diet berantakan dengan mematuhi mindful eating. Selalu sadari batasan asupan yang kamu konsumsi.

“Jika memang niatnya cuma pengin mencoba, ya hanya dicicipi, bukan memakannya hingga habis. Selain itu, kita juga bisa membagi makanan ini dengan orang lain sehingga porsinya tidak berlebihan,” saran Leona.

Selain itu, kamu juga bisa mengantisipasinya dengan membeli buah dan sayur yang mudah ditemukan di mana pun.

“Beberapa buah yang cocok untuk dikonsumsi saat traveling adalah pisang dan apel yang tersedia di minimarket. Kita juga bisa membeli susu UHT, khususnya yang low fat. Makanan lain yang bisa kita dapatkan adalah yoghurt atau sandwich,” tutup Leona.

Siapa bilang saat traveling nggak bisa diet? Asalkan mematuhi tips-tips tadi, berat badan Millens nggak bakal melar, kok. Siap melancong, nih! (IB09/E04)