Diet Plastik? Ini Starterpack yang Harus Ada di Ranselmu saat Traveling

Diet Plastik? Ini <em>Starterpack</em> yang Harus Ada di Ranselmu saat Traveling
Biar nggak meninggalkan plastik, bawalah peralatan-peralatan sendiri. (Outsideonline)

Plastik yang menumpuk di tempat wisata memang menjemukan. Nah, biar nggak bertambah banyak, usahakan bawa peralatan makan sendiri yuk!

Inibaru.id – Sampah plastik yang menggunung di mana-mana, khususnya tempat wisata, selalu bikin miris. Nah, jika kamu nggak pengin membuatnya kian menggunung, diet plastik mungkin bisa menjadi jalan terbaik yang bisa kamu tempuh.

Banyak usaha bisa kamu lakukan, semisal mendukung penginapan atau restoran di tempat wisata yang menerapkan zero waste dengan cara menginap atau makan di sana.

Namun, ada hal kecil yang sebetulnya nggak kalah penting untuk kamu lakukan, misalnya mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan menggantinya dengan perkakas yang kamu bawa dari rumah. Apa saja yang harus ada di ranselmu?

  1. Sendok dan Garpu

Sendok garpu yang bisa kamu bawa. (Shopee)

Membawa sendok dan garpu dari rumah tentu nggak bakal membebani ranselmu. Menghindari kemungkinan tempat makan yang hanya menyediakan sendok dan garpu sekali pakai, ada baiknya kamu sediakan perkakas itu sendiri. Sudah banyak kok produk yang praktis dan mudah dikepak.

  1. Sedotan

Sedotan besi. (Nylon Coffee Roasters)

Kampanye pengurangan sedotan plastik sudah dilakukan di mana-mana. Maka, jadilah bagian dari itu, Millens. Kamu memang bakal sedikit lebih ribet karena harus mencuci ulang sedotan stainless setelah minum, tapi demi hidup yang lebih baik, kenapa enggak?

  1. Tempat Makan

Tempat makan. (Theorganisedhousewife)

Tempat makan dari plastik adalah penyumbang sampah terbesar di tempat makan. Maka, janganlah menambah beban bumi dengan sampah yang sulit diurai itu! Bawa sendiri tempat makanmu.

Biar ringkas, saat tempat makan ini nggak dipakai, kamu bisa memasukkan sendok, garpu, dan sedotan di dalamnya.

  1. Tumbler

Tempat minum alias tumbler. (Travelfashiongirl)

Alih-alih membeli minuman dalam kemasan di tempat wisata, alangkah lebih baik jika kamu membawa tumbler dari rumah agar bisa diisi ulang.

  1. Laundry Bag

Laundry bag. (josephinehome)

Kantong plastik juga menjadi salah satu penyumbang sampah tak terurai di tempat wisata. Maka, ketimbang menggunakan kantung plastik sekali pakai, selama traveling mending kamu bawa kantung laundry untuk pakaian kotormu.

Nah, kalau semua barang ramah lingkungan itu sudah ada di tas, saatnya traveling, Millens! Ingat, sampah plastik sekecil apapun bakal membebani bumi! Happy holiday! (IB20/E03)