Mencoba Bertahan Digerus Zaman, Benteng Pendem Purworejo Kurang Terurus

Mencoba Bertahan Digerus Zaman, Benteng Pendem Purworejo Kurang Terurus
Benteng Pendem menjadi sejarah pahit bagi warga Desa Donorejo. (Beritapurworejocom.blogspot)

Menjadi tempat pengintaian militer Jepang pada masa penjajahan, Benteng Pendem di Desa Donorejo merupakan salah satu situs sejarah yang kurang terawat. Padahal, lokasi benteng yang berada di dekat laut ini bisa menarik minat pengunjung. Ada apa saja di Benteng Pendem?

Inibaru.id – Benteng Pendem merupakan salah satu objek wisata bersejarah di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Kendati sudah berusia hampir seabad, benteng yang dibangun pada masa penjajahan Jepang ini masih bertahan. Jika pengin menyaksikan bagaimana penampilannya sekarang, datanglah ke Desa Dadirejo di Kecamatan Bagelen.

Dengan membayar Rp 5.000 saja, kamu sudah bisa masuk ke dalam kawasan ini. Berada di atas perbukitan, Benteng Pendem dulu digunakan sebagai tempat pengintaian tentara Jepang. Dari sana pula, tentara Jepang bisa menyaksikan laut selatan yang lokasinya nggak jauh dari Desa Dadirejo.

Selain suasana yang asri, tentu debur ombak di kejauhan bakal bikin kamu tenggelam di tempat ini.

https://pbs.twimg.com/media/BSZwOs1CUAAp0wK.jpg:large

Sebagai situs sejarah, Benteng Pendem tampak kurang terawat. (Wimg)

Benteng Pendem terdiri atas dua bangunan. Bangunan pertama berbentuk persegi panjang, sementara bangunan kedua berbentuk kotak dengan tabung di atasnya. Lumut tumbuh di beberapa bagiannya. Meski kurang terawat, kesan klasik di benteng ini tampak menonjol.

Supaya pengunjung nggak bosan, fasilitas seperti taman bermain ditambahkan pula di dekat Benteng Pendem. Selain taman bermain, ada juga tempat untuk beristirahat, Millens. Kamu yang pengin sekadar duduk, bisa menyantap bekalmu di sana.

Hm, setelah Benteng Pendem, kamu mau berkunjung ke mana lagi? Sekadar saran nih, supaya menambah wawasan, pelajari pula sejarah tempat yang kamu kunjungi. Siapa tahu, dari tempat itu kamu bisa mendapatkan inspirasi. Sepakat kan? (IB06/E03)