Di Pantai Baru Yogyakarta, Puluhan Kincir Angin Bikin Listrik Menyala

Di Pantai Baru Yogyakarta, Puluhan Kincir Angin Bikin Listrik Menyala
Pantai Baru dan kincir angin PLTH. (Alannobita.blogspot)

Menuju ke pantai ini, kamu bakal menjumapi deretan kincir angin yang menjulang tinggi. Kincir tersebut merupakan "jari-jari" penangkap listrik di Bantul.

Inibaru.id – Telah lama Belanda memasang kincir angin di tepi pantai untuk mengeringkan air laut. Nah, di Indonesia, puluhan kincir angin didirikan di Desa Poncosari, Srandakan, Bantul, Yogyakarta. Bukan mengeringkan air laut, kincir angin itu merupakan alat yang digunakan untuk pembangkit listrik.

Pantai Baru mungkin asing di telinga sebagian orang, terutama mereka yang berasal dari luar Yogyakarta. Pantai yang berbatasan dengan Pantai Pandansimo dan Pantai Kuwaru ini menjadi tempat dibangunnya Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH). Kamu yang pengin berburu foto dengan pemandangan cantik bisa datang langsung ke pantai ini.

Nggak hanya puluhan kincir angin yang bikin pantai ini dikunjungi wisatawan. Pepohonan rindang bikin kamu makin nyaman berlama-lama di sana.

Datanglah saat senja karena kamu akan menangkap momen-momen cantik di sana. Kalau datang saat siang hari, kamu bisa menikmati keindahan pantai sembari menyeruput segarnya es kelapa muda. Duh, membayangkannya saja, sudah pengin hari libur segera datang. Ha-ha.

Eh, Pantai Baru dibuka setiap hari, lo. Sebelum masuk ke sana, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 4.000. Nggak mahal kan? Hm, ngajak pacar atau gebetan ke sana bisa bikin liburanmu jadi romantis, nih!

O ya, sebelum berangkat, siapkan dulu kameramu ya. Ingat pula untuk selalu menjaga kebersihan tempat wisata yang kamu kunjungi. Sudah siap? Yuk, cus berangkat. (IB15/E03)