Di Masjid Jawahirul Akbar Wonosobo, Jemaah Wudu dengan Air Hangat, lo

Di Masjid Jawahirul Akbar Wonosobo, Jemaah Wudu dengan Air Hangat, lo
Masjid Jawahirul Akbar di Wonosobo, tempat di mana kamu bisa wudu dengan air hangat. (Merdeka/IG-Widodo Ramunav)

Pernah terpikir nggak kalau kamu bisa wudu dengan air hangat? Hal ini beneran bisa kamu rasakan di Masjid Jawahirul Akbar Wonosobo yang berada di jalan menuju Dieng, Millens.

Inibaru.id – Pernah nggak terpikir wudu dengan air hangat di sebuah masjid? Hal ini beneran bisa kamu lakukan lo di Masjid Jawahirul Akbar Wonosobo yang berlokasi di jalan raya Wonosobo – Dieng, tepatnya di Jl Dieng No. 115, Kalianget, Kecamatan Wonosobo. Lantas, buat apa sih sampai air wudhu saja dibikin hangat, Millens?

Karena lokasinya yang berada di jalan menuju lokasi wisata populer, otomatis banyak wisatawan yang datang untuk beristirahat atau beribadah di masjid ini. Bagi yang nggak terbiasa, tentu bakal terkejut saat menemukan fasilitas air hangat di tempat wudu, toilet, dan kamar mandi. Bahkan, ada tempat di mana kamu juga bisa berendam air hangat, lo.

“Bila ke Dieng melintasi jalur ini, pasti menyempatkan mampir ke sini,” ungkap salah seorang pengunjung, Izudin, Mei 2021.

Sekretaris Masjid Ahmad Ridho pun menceritakan tentang sumber mata air hangat dari masjid tersebut yang ternyata berasal dari sebuah sumur bor yang berlokasi kurang lebih 1,5 km dari masjid.

“Pada waktu itu (masjid dipugar pada 2007), ada perusahaan swasta yang mencari sumber air. Lalu mereka mengebor sumur. Ternyata yang keluar air hangat,” cerita Ridho.

Sumber air hangat di Masjid Jawahirul Akbar Wonosobo. (Tvonenews/Ronaldo Bramantyo)
Sumber air hangat di Masjid Jawahirul Akbar Wonosobo. (Tvonenews/Ronaldo Bramantyo)

Pihak panitia renovasi masjid dan pemerintah kemudian memutuskan untuk mengalirkan air hangat tersebut ke masjid. Dari tempat asalnya, suhu air bisa mencapai 70 derajat Celcius. Tapi, begitu sampai masjid, suhunya tinggal 30 derajat Celcius. Suhu ini tentu aman jika terkena kulit?

Kamu tahu sendiri kan kalau Wonosobo berada di dataran tinggi. Rata-rata suhu udaranya adalah 18 derajat Celcius sampai 27 derajat Celcius. Kalau di dini hari atau malam hari, pasti bakal terasa sangat dingin. Dengan air hangat, pasti jemaah masjid bakal merasa nyaman untuk menyucikan badan sebelum beribadah.

Dipercaya Bisa Obati Penyakit Kulit

Oya, tadi sempat disebutkan ya kalau di area masjid, ada tempat untuk berendam air hangat. Yap, tempat ini juga banyak dikunjungi warga atau wisatawan yang berkunjung. Maklum, ada kepercayaan kalau air hangat yang mengandung belerang itu bisa menyembuhkan penyakit kulit.

Soal keamanan, nggak usah khawatir. Ada kok pihak keamanan yang tetap melakukan tugasnya 24 jam non-stop. Jadi, kamu nggak perlu khawatir soal barang bawaan kamu saat berkunjung ke sana, ya?

Jadi, tertarik nggak mencoba air hangat di Masjid Jawahirul Akbar di Wonosobo untuk wudu atau bahkan berendam? (Mer/IB09/E05)