Diapit Pegunungan, Keindahan Telaga Sidringo Nggak Terpatahkan

Tersembunyi di antara deretan pegunungan yang tinggi menjulang menjadikan Telaga Sidringo sulit dijangkau. Ini pula yang menjadikan danau di ujung selatan Kabupaten Batang tersebut terjaga keasriannya.

Diapit Pegunungan, Keindahan Telaga Sidringo Nggak Terpatahkan
Danau Sidringo, Kabupaten Batang. (Travelingyuk)

Inibaru.id – Lelah mendaki hingga ribuan meter di atas permukaan laut terbayar begitu kamu menyaksikan keindahan danau ini. Telaga Sidringo namanya. Berada di antara deretan bukit nan tinggi menjulang, danau di ketinggian 2.222 mdpl itu menjadi mutiara tersembunyi di Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Memang, tak mudah menjangkau danau yang sekilas mirip Ranu Kumolo di kaki Gunung Semeru itu. Namun, kesulitan tersebut tak memupuskan keinginan pelancong untuk menyambanginya, khususnya yang sedang berlibur ke Dieng.

Dieng? Ya, Sidringo berada nggak jauh dari kawasan dataran tinggi Dieng. Perlu kamu tahu, selain masuk dalam wilayah Wonosobo dan Banjarnegara, sebagian punggung bagian utara dari dataran tertinggi di Jateng itu juga masuk wilayah Batang.

Akses jalan yang nggak mudah menjadi salah satu alasan mengapa Telaga Sidringo belum bisa dimaksimalkan sebagai objek wisata. Untuk sampai ke sana, kamu harus melewati jalanan terjal dengan ketinggian hingga 45 derajat.

Karena udara di Desa Mojotengah, Kecamatan Raben, cukup dingin, jangan lupa pakai jaket saat mengunjungi telaga ini ya.

https://media.travelingyuk.com/wp-content/uploads/2016/02/telaga-1.jpg

Yang gemar memancing sebaiknya perlu menjajal kegiatan ini di Telaga Sidringo. (travelingyuk.com)

Sepanjang perjalanan menuju Telaga Sidringo, kamu bakal menjumpai hutan pinus dan ladang kentang warga. Mungkin hutan pinus ini sedikit mengingatkanmu pada hutan pinus di film Twilight.

Oya, untuk masuk ke kawasan telaga ini, kamu perlu menyiapkan uang sebanyak Rp 2.000 untuk parkir dan Rp 10 ribu jika menginap.

Sesampai di sana, panorama alam yang cantik bakal menyambutmu. Panorama ini tentu sayang kalau nggak kamu diabadikan.

Diapit dua bukit, beberapa spot di telaga ini bisa jadi foto yang menarik untuk mengisi Instagrammu. Saru lagi, barisan pepohonan cemara di sekitar telaga dijamin bakal mengingatkanmu pada suasana di danau-danau di pedesaan Swiss.

Ayo, segera susun rencana liburanmu! Bisa sendiri atau bareng kawan-kawan. Tapi, ingat, jangan nyampah! Oya, Kabupaten Batang, selamat hari lahir! Ha-ha. (IB15/E03)