Di Atas Pasir Putih Pantai Liang Mbala

Pantai berpasir putih itu tersembunyi dan “masih perawan”. Berpotensi dipoles jadi alternatif destinasi wisata di Flores, NTT

Di Atas Pasir Putih Pantai Liang Mbala
Turis mancanegara di pantai pasir putih Liang Mbala, Kelurahan Kota Ndora, Kecamatan Borong, Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur, Minggu (13/8/2017). (Kompas.com/Markus Makur)

Inibaru.id – Ketika ke Nusa Tenggara Timur (NTT) umumnya wisatawan mancanegara dan Nusantara memilih berwisata ke Pantai Merah Muda (Pink Beach) di kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Flores. Tapi sebenarnya ada sebuah pantai yang layak direkomendasikan kepada mereka, khususnya yang menyukai wisata pantai.

Dilansir KompasTravel (15/9/2017), nama pantai itu Liang Mbala di Kelurahan Kota Ndora, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, berpasir putih dan sangat bagus untuk berjemur matahari.

Baca juga:
Ke Mang Dul demi Nasi Jamblang
Menikmati Nasi Jamblang dari Pinggiran Cirebon

Pantai itu sangat tersembunyi di sisi selatan dari Manggarai Timur dan menjadi bagian barat dari Poco Ndeki (Gunung Ndeki). Memang belum begitu banyak yang mengetahui pantai ini karena kurang promosi. Konsekuensinya, hanya segelintir wisatawan mancanegara dan Nusantara yang berlibur ke pantai tersebut.

Seperti dilansir Floreseditorial.com, dari pantauan khusus Tim Redaksi Flores Editorial bersama tim ekspedisi alam mahasiwa STKIP St.Paulus Ruteng pada tahun lalu disebutkan bahwa wilayah Kecamatan Borong memiliki potensi alam yang sangat Luar biasa, hamparan pegunungan dan Pantai Liang Mbala. Saat pasang naik, laut akan menutupi area Gua Liang Bala, ditambah hamparan pasir putih dan bebatuan karang. Saat pasang surut, ada hamparan hijau lumut yang menutupi pasir dan bebatuan.

Pemandangan arah Poco Ndeki dan menuju Laut Sawu dan kawasan gua Liang Bala sangat indah. Bahkan disebut-sebut keindahannya tidak kalah dari Tanah Lot dibali. Belum lagi area tebing yang sangat bisa dijadikan area terjun payung menuju arah laut.

Baca juga: 
Puing-Puing Pemancar Radio Itu Jadi Tempat Wisata Eksotis
Keluar Negeri, Bawalah Botol Minum Kosong

Sebagai tempat yang terbilang “masih perawan”, Liang Mbala bisa menjadi alternatif destinasi ketika kita berada di Manggarai, NTT. Ibarat batu mulia, Pantai Liang Mbala yang berpasir putih dan eksotis ini butuh selalu disepuh, baik oleh pemerintah setempat maupun oleh siapa pun yang peduli dan yakin bahwa tempat itu bisa jadi tempat wisata yang amazing. (EBC/SA)