Lokawisata Ini akan Mengubah Persepsi Seram Nusakambangan

Mendapat julukan sebagai Alcatraz-nya Indonesia, Pulau Nusakambangan ternyata nggak seseram yang dibayangkan, lo. Di pulau milik Kementerian Hukum dan HAM itu, ada wisata tersembunyi yang sayang untuk dilewatkan.

Lokawisata Ini akan Mengubah Persepsi Seram Nusakambangan
Pantai Permisan (mirwans.com)

Inibaru.id - Mendengar Nusakambangan, pikiran kita mungkin akan segera tertuju pada penjara di pulau terasing laiknya Alcatraz di San Francisco, AS, atau Azkaban dalam film Harry Potter. Pulau di Jawa Tengah bagian selatan itu memang dikenal sebagai Pulau Penjara. Namun, di balik "keangkeran" itu, Nusakambangan rupanya memiliki keindahan tersendiri.

Berada di lepas pantai Cilacap, pulau yang mempunyai penjara untuk kasus pidana berat sekaligus tempat eksekusi hukumuan mati itu memang terkesan seram dan sangar. Namun, pulau kecil itu juga memiliki tempat wisata yang menarik dan keren, lo. Seperti ditulis hipwee.com, Nusakambangan memiliki sejumlah tempat yang menarik untuk kamu kunjungi di sisa liburanmu ini. Apa saja?

  1. Pulau Permisan

Pantai Permisan. (bonoaksa.wordpress.com)

Menyajikan pemandangan pantai yang menawan di sebelah selatan pulau Nusakambangan, Pantai Permisan termasuk lokawisata pantai yang instagramabel banget. Pantai ini tergolong sepi dan biasa dikunjungi keluarga penjenguk narapidana (napi).

Yang menarik dari pantai ini adalah warna pasirnya yang bergradasi. Ada pasir putih dan hitam. Di antara bebatuan karang, kamu akan melihat air laut berwarna biru yang bersih dengan ombak yang berdebur kencang.

Di sana, kamu juga bisa melihat Monumen Pisau Komando, yaitu pisau komando raksasa yang tertancap di batu karang. Wajar saja, karena pantai ini biasa dijadikan lokasi pembaretan Kopassus.

  1. Pantai Karang Pandan

Pantai Karang Pandan. (manggaul.blogspot.com)

Berada di sebelah timur pulau, Pantai Karang Pandan memiliki pasir putih yang lembut. Sama seperti pantai Permisan yang jarang dijamah pengunjung, pantai ini juga menawarkan pemandangan yang indah menawan. Dari pantai tersebut kamu juga bisa melihat pulang karang di seberang, yakni Pulau Majethi.

Selain itu, Pantai Karang Pandan juga seringkali dijadikan tempat untuk melakukan larung sesaji. Untuk sampai ke pantai ini, kamu hanya perlu berjalan kaki selama 30 menit setelah menyeberang dari Teluk Penyu. Namun, jika enggan berjalan kaki, banyak warga lokal yang menawarkan jasa mengantar dengan harga tertentu.

  1. Benteng Karang Bolong

Benteng Karang Bolong. (Delapanmataangin.com)

Memiliki luas sekitar 6.000 meter persegi, Benteng Karang Bolong dibangun pada 1716 oleh Portugis sebagai garis pertahanan. Namun, akhirnya benteng tersebut berhasil dikuasai Belanda. Lokasinya nggak jauh dari Pantai Karang Pandan, tapi agak tersembunyi di balik hutan.

Sayang, benteng berbentuk huruf U ini agak tampak kurang terawat dengan tembok-tembok yang banyak ditumbuhi tanaman liar beserta akarnya.

  1. Goa Ratu

Goa Ratu (jalanwisata.id)

Goa Ratu. (jalanwisata.id)

Konon, gua ini merupakan induk dari beberapa gua yang berada di sekitar Nusakambangan. Di Goa Ratu, kamu dapat menikmati berbagai ornamen gua berupa stalaktit dan stalagmit yang cantik. Ada juga Batu Gondo Mayit, yang dipercaya akan mengeluarkan bau busuk seperti bangkai pada waktu-waktu tertentu.

Goa Ratu memiliki panjang sekitar empat kilometer. Di goa ini, kamu hanya bisa menelusuri hingga kedalaman sekitar 100 meter saja karena kadar okigen di dalam gua semakin sedikit di bawah kedalaman tersebut. 

Bagaimana, tertarik untuk menjelajahi Pulau Nusakambangan? Yuk, mumpung liburan belum berakhir! (IB05/E03)