Destinasi Wisata di Jepang Ini Ramah Muslim

Sebagian besar kota di Jepang terkategori ramah terhadap muslim. Selain bisa menemukan masjid, restoran halal bisa dijumpai di banyak tempat.

Destinasi Wisata di Jepang Ini Ramah Muslim
Masjid Kobe di Jepang (static.panoramio.com)

Inibaru.id - Jepang adalah negara yang ramah terhadap pemeluk Islam. Seperti dilansir Republika.co.id  (17/11/2017), Negeri Samurai adalah salah satu destinasi wisata dunia yang ramah terhadap wisatawan muslim. Restoran halal serta fasilitas ibadah berupa masjid dan musala bisa ditemukan di sejumlah daerah di negara ini.

Berikut ini beberapa kota di Jepang yang ramah bagi pelancong muslim, seperti dilansir laman halaltrip.com.

Tokyo

Tidak sulit menemukan fasilitas yang ramah muslim di Tokyo. Sebab, di kota ini terdapat sejumlah masjid dan musala yang memang sengaja disediakan untuk memenuhi kebutuhan ibadah umat Islam. Tokyo Camii (Masjid Agung Tokyo) adalah salah satunya. Rumah ibadah yang terletak di pusat kota Tokyo ini tercatat sebagai masjid yang paling besar di Jepang, dengan daya tampung mencapai 1.200 jamaah.

Selain fasilitas ibadah, para wisatawan muslim juga dapat dengan mudah menemukan restoran-restoran halal di kota ini. Beberapa di antaranya menyajikan beragam hidangan seperti masakan Malaysia, Pakistan, India, Maroko, Turki, Thailand, dan masih banyak lagi.

Baca juga:
Mendayung Kayak dan Menerobos Kabut Telaga Merdada
Warna-warni di Bantaran Sungai Cisadane

Kyoto

Kota ini juga menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di Jepang yang ramah bagi kaum Muslim. Kyoto adalah tempat terbaik untuk mengenali budaya tradisional dan adat istiadat masyarakat Negeri Sakura.

Dia kota ini, pengunjung dapat merasakan nuansa klasik khas Jepang saat menyaksikan situs-situs bersejarah peninggalan masa lalu, seperti KuilKiyomizu-dera, Istana Kekaisaran Kyoto, Kuil Tenryu-ji, Nishi Hongan-ji, dan sebagainya. Para wisatawan muslim bisa menemukan sejumlah restoran yang menyajikan makanan halal di Kyoto. Mereka juga dapat mengunjungi Masjid Kyoto untuk menunaikan salat.

Kobe

Kobe adalah kota pelabuhan kosmopolitan terkenal dengan konsep wisata musim panasnya. Di kota ini terdapat masjid tertua di Jepang, yakni Masjid Muslim Kobe (didirikan pada Oktober 1935). Masjid ini berada di kawasan wisata paling terkenal di Kobe sehingga pengunjung muslim dapat menemukan makanan halal di sekitar lokasi ini.

Baca juga:
Di Atas Pasir Putih Pantai Liang Mbala
Ke Mang Dul demi Nasi Jamblang

Osaka

Osaka dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki pusat perbelanjaan terbesar di Jepang. Kota metropolitan yang berada di wilayah Kansai ini memiliki dua masjid. Yang satu bernama Masjid Osaka, sedangkan yang lainnya adalah Masjid Osaka Ibaraki. Di kota ini juga terdapat sejumlah restoran yang menyajikan aneka masakan halal seperti hidangan India, Pakistan, Turki, dan masih banyak lagi.

Chiba

Kota Chiba menjadi terkenal karena memiliki sistem monorel gantung terpanjang di dunia. Selain itu, di kota ini juga terdapat pantai buatan pertama yang pernah dibangun di Jepang. Wisatawan muslim pun tak perlu khawatir dengan urusan ibadahnya selama berada di Chiba karena kota ini mempunyai sejumlah masjid yang bisa didatangi sewaktu-waktu. Tak hanya itu, beberapa pusat perbelanjaan di Chiba juga menyediakan ruang salat yang cukup representatif bagi pengunjung muslim.

Jadi, Anda yang muslim tak akan kesulitan mencari tempat untuk menunaikan ibadah sesuai keyakinan Anda. (EBC/SA)