Majaksingi, Desa dengan Kearifan Lokal di Magelang yang Memanjakan Mata

Majaksingi, Desa dengan Kearifan Lokal di Magelang yang Memanjakan Mata
Desa Majaksingi. (Balkondesborobudur)

Sebagai salah satu desa yang menjadi tujuan wisata di sekitar Candi Borobudur, Desa Majaksingi bisa menjadi tujuanmu berlibur. Selain memiliki arsitektur yang menawan, desa ini juga menghasilkan produk-produk berkualitas, lo. Apa saja yang bisa kamu beli di sana?

Inibaru.id – Kompleks Candi Borobudur memiliki beberapa desa wisata yang bekerja sama dengan BUMN. Desa-desa tersebut dikonsep sedemikian rupa dengan konsep Balai Ekonomi Desa (Balkondes) supaya mampu menyuguhkan keindahan khas budaya lokal.

Salah satu kelurahan yang bisa kamu kunjungi jika berada di kompleks candi adalah Kelurahan Majaksingi. Sejak diresmikan Menteri BUMN Rini Soemarno pada 2016 lalu, desa ini berusaha meningkatkan nilai ekonominya dengan menghadirkan bangunan-bangunan berkonsep tradisional.

Baca Juga:
Ajaklah Gebetanmu Menikmati Panorama Romantis dari Puncak Bukit Cinta Watu Prahu Klaten!
Geliat Kerajinan Keramik di Blora, Tumbuh dan Berkembang dari Desa Balong

Berada di Jalan Badrawati, Kelurahan Majaksingi, Kecamatan Borobudur, desa ini menyuguhkan pemandangan indah Gunung Menoreh dari kejauhan. Lantaran Magelang dikelilingi pegunungan, nggak heran hasil pertanian seperti cabai, jati, jahe, dan kapulaga, menjadi beberapa produk unggulannya.

Para wisatawan tengah menjelajahi Desa Majaksingi. (Jalanwisata.id)

Bicara soal suvenir, penduduk setempat menjual beberapa kerajinan dari bambu. Di sana, kamu bakal menjumpai warga yang menjual topeng, tikar pandan, ukir kayu, sarang burung, hingga besek.

Selain berbelanja dan menyaksikan indahnya persawahan, ada pula Goa Maria Watu Tumpeng di sana. Selain menjadi tempat tujuan berwisata rohani oleh umat Katolik, goa ini konon dipercaya menjadi tempat berkumpul para jin. Maka, jangan heran kalau pada malam 1 Sura (Muharam), masyarakat penganut Kejawen menggelar ritual pemandian pusaka.

Baca Juga:
Desa Wisata Giritengah Magelang, Persinggahan Pangeran Diponegoro yang Tawarkan Keindahan 4 Gunung
Berziarah hingga Trekking Asyik di Desa Kembanglimus Magelang

Selain jadi tempat melakukan ritual pemandian pusaka, warga percaya seseorang yang pengin jadi dalang besar sebaiknya bertapa di sana. Hm, percayakah kamu, Millens?

Selain pertanian dan wisata rohani, Kelurahan Majaksingi juga memiliki hutan yang menjadi rumah bagi para monyet. Kamu yang penasaran pengin bertemu monyet-monyet ini, datang saja ke daerah sekitar pegunungan. Namun, ingat, supaya aman, sebaiknya kamu sewa pemandu, ya.

Hayo, jadi pengin ke Balkondes Majaksingi kan? Perginya jangan berduaan terus dengan pacar ya, sekali-sekali bolehlah ajak keluarga berwisata bersama! (IB15/E03)