De Tjolomadoe, Bekas Pabrik Gula yang Jadi Tempat Wisata Hit

Bekas pabrik gula yang mangkrak ini disulap menjadi lokawisata dengan fasilitas serba-ada? Wah, ini dia lokawisata hit yang bisa jadi pilihan jalan-jalan kamu.

De Tjolomadoe, Bekas Pabrik Gula yang Jadi Tempat Wisata Hit
De Tjolomadoe (kompas.com)

Inibaru.id – Kalau mendengar kata Colomadu, mungkin kita langsung terbayang pada bekas pabrik gula (PG) di Karanganyar, Jawa Tengah, yang telah lama mangkrak. Eits, sekarang pabrik gula itu sudah berubah menjadi lokawisata hit yang seru untuk kamu kunjungi, lo.

Yap, PG Colomadu di Desa Malangjiwan, Kecamatan Colomadu ini telah dipugar menjadi tempat wisata sejarah sekaligus kawasan bisnis dan berganti nama menjadi De Tjolomadoe.

Baca juga:
Berfoto di Antara Ratusan Kupu-kupu di Alian Butterfly Park
Pesona Laguna di Pantai Bopong

PG Colomadu didirikan pada 1861 oleh Mangkunegaran IV. Pada 1998 pabrik ini berhenti beroperasi. Nah, untuk menghidupkan kembali bangunan PG ini, beberapa perusahaan BUMN di antaranya PT PP (Persero) TBK, PT PP Properti TBK, PT Taman Wisata Candi Prambanan, Borobudur, dan Ratu Boko (Persero), serta PT Jasa Marga Properti membentuk konsorsium (himpunan usaha) bernama PT Sinergi Colomadu seperti yang ditulis republika.co.id (1/3/18).

PT Sinergi Colomadu ini nih yang kemudian memugar PG Colomadu menjadi lokawisata seperti sekarang.

Dikutip dari beritagar.id (14/4/18), De Tjolomadoe sudah diresmikan dan dibuka untuk publik pada 24 Maret 2018 melalui konser David Foster and Friends. Meski begitu, pemugarannya belum selesai 100%. Masih ada perbaikan di sana-sini demi kelaikan De Tjolomadoe. Oya, dalam studi kelaikannya pihak pengembang melibatkan beberapa pakar dalam bidang arsitektur, sejarah, dan budaya.

De Tjolomadoe adalah bentuk hasil pemugaran dengan tetap mempertahankan nilai dan kekayaan historis yang ada. Yap, beberapa properti dan ruangan yang asli tetap dipertahankan. Mesin-mesin raksasa bekas pengolahan gula misalnya. Jadi, pengunjung tetap bisa merasakan atmosfer PG Colomadu pada masa lampau dengan sentuhan modern.

Baca juga:
Ketika Kereta Api Melintas di Dekat Pantai Jodo
Hutan Payau Tritih, Lebih dari Sekadar Wisata Lingkungan

Millens, mau tahu ada apa saja yang bisa kamu kunjungi di De Tjolomadoe?

Dikutip dari kompas.com (24/3/18), area bernama Stasiun Gilingan berfungsi sebagai museum pabrik gula. Ada juga Stasiun Ketelan sebagai area kantin, Stasiun Penguapan sebagai area arcade, Stasiun Karbonatasi sebagai area art and crafts. Nggak ketinggalan De Tjolomadoe juga punya fasilitas restoran, aula konser, dan gedung serbaguna. Wah, cukup komplet, kan?

Tertarik mengunjungi De Tjolomadoe? Yuk atur jadwalmu untuk jalan-jalan ke sana! (IB10/E02)