Pengin Mendaki Merapi dan Merbabu Sekaligus? Lewat Selo, Boyolali Saja

Pengin Mendaki Merapi dan Merbabu Sekaligus? Lewat Selo, Boyolali Saja
Pendakian Gunung Merbabu lewat Selo (Priyadidanu)

Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah berada di antara Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Nggak heran kalau ada dua jalur pendakian dari dua gunung yang berbeda di kecamatan itu.

Inibaru.id – Selo merupakan kecamatan di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah yang berada di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Di tempat ini, kamu bisa menikmati suasana yang sejuk karena lokasinya berada di ketinggian 1.560 mdpl. Dari Selo, kamu juga bisa mendaki dua atap Jawa sekaligus karena jalur pendakiannya berdekatan.

Bila kamu menuju Selo dari arah Boyolali, terlebih dulu kamu akan menemukan jalur pendakian Merbabu di sisi kanan. Sementara itu, pendakian Merapi masih berjarak beberapa kilometer lagi.

Detik.com, Jumat (20/3/2015), menulis jalur pendakian yang melewati Gunung Merbabu dianggap sebagai jalur yang paling panjang tapi memiliki pemandangan yang paling indah. Gimana nggak, selain mendaki salah satu gunung paling tinggi di Jawa Tengah itu, kamu juga bisa menikmati kemegahan Gunung Merapi di baliknya.

Untuk mencapai Merbabu, kamu harus melewati lima pos dari basecamp Selo. Kelima pos itu yakni Dok Malang, Pos Pandean, Pos Watu Tulis, Pos Sabana 1 dan Pos Sabana 2.

Perjalanan menuju puncak Merbabu cukup panjang sehingga kamu disarankan untuk memaksimalkan 3 basecamp untuk beristirahat. Pastikan tubuhmu tetap dalam kondisi bugar saat mendaki Gunung Merbabu, ya, Millens.

Mendaki Merapi Lewat Selo

Jika pengin mendaki Gunung Merapi, kamu hanya perlu mencapai gerbang Desa Selo untuk memulai pendakian. Nanti, ada jalan ke arah kiri. Dari situ, kamu bisa menemui pos pendakian untuk melakukan pendaftaran. Setelah itu, kamu bisa menemukan basecamp yang ditujukan untuk mempersiapkan perbekalan, khususnya air minum.

Untuk mencapai puncak Merapi, kamu perlu melewati tiga pos. Ketiga pos itu yakni pos Tugu 1, pos Tugu 2, dan Pasar Bubrah. Namun, sebelumnya kamu akan melewati sebuah Joglo sebelum mencapai pos 1. Pos terakhir adalah Pasar Bubrah, tapi itu belum mencapai puncak Merapi, Millens.

Saat ini, pengunjung nggak disarankan untuk mendaki sampai Puncak Merapi. Bila pengin mendaki ke puncak, kamu mesti izin dulu dan ditemani tim SAR. Hm, lumayan ribet sih tapi aturan itu demi keselamatan dan keamananmu di puncak, kok.

Selain punya dua jalur pendakian, Selo juga memiliki wisata alam lain yakni Bukit Gancik. Dari bukit ini, kamu bisa melihat kemegahan Gunung Merapi, lo.

Jadi, pilih liburan ke Gunung Merapi, Gunung Merbabu, atau Bukit Gancik nih, Millens? (IB09/E04)