Dari Puncak Mercusuar, Indahnya Pantai Baron Terhampar

Dari Puncak Mercusuar, Indahnya Pantai Baron Terhampar
Puncak mercusuar Pantai Baron menjadi spot menarik untuk berfoto. (Instagram/jogja)

Menyuguhkan pemandangan alam yang cantik, Pantai Baron merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Kabupaten Gunungkidul. Nah, untuk kamu yang hobi fotografi, pantai ini bisa jadi tempat kamu berburu foto-foto cantik.

Inibaru.id – Orang-orang Belanda pada masa penjajahan mungkin nggak pernah tahu jika merekalah yang menginspirasi nama sebuah pantai di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Yap, tentu saja ini tentang Pantai Baron yang nggak asing di telinga warga Yogyakarta.

Sebelum menjadi kawasan pariwisata seperti sekarang, pantai yang berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari ini menjadi tempat penyimpanan senjata pada 1930-an oleh para penjajah Belanda.

Konon, lantaran ada banyak orang Belanda di sana, warga kemudian menyebut pantai itu dengan nama Pantai Baron. FYI, baron adalah gelar terendah bangsawan Eropa. Terlepas dari sejarah penamaannya yang simpang-siur, keindahan pantai ini nggak kalah dibandingkan Pantai Indrayanti dan Pantai Sadranan.

https://www.goodpiknik.com/wp-content/uploads/2017/11/mercusuar-di-pantai-baron-gunung-kidul-jogja.jpg

Mercusuar di Pantai Baron sering jadi tempat berfoto pengunjung. (Goodpiknik)

Meski warna pasir di Pantai Baron nggak seputih kedua pantai itu, tempat ini memiliki beberapa spot menarik untuk berfoto. Namun, ingat, jangan berharap bisa berpose sambil berenang ya, Millens.  Ombak di Pantai Baron besar sehingga bakal membahayakan pengunjung.

Walaupun nggak bisa berenang, kamu masih bisa melihat pemandangan sekitarnya lewat Mercusuar Tanjung Baron. Mercusuar berwarna putih ini memiliki tinggi sekitar 40 meter. Dibangun pada 2014 silam, Mercusuar Tanjung Baron tetap menjadi penanda jarak meski setiap kapal memiliki sistem navigasi yang canggih.

Terdiri atas sembilan lantai, kamu harus menaiki tujuh tangga spiral dan dua tangga vertikal. Sesampai di puncak, kamu bakal disambut beberapa peralatan yang nggak boleh disentuh. Hm, kalau sekadar berfoto-foto dengan latar belakang birunya laut, boleh dong.

Pantai Baron. (Eksotisjogja)

Eh, supaya mendapatkan pemandangan yang indah, datanglah saat senja. Matahari tenggelam bakal menambah dramatis suasana. Kamu yang punya pasangan tentu bisa menikmati keindahan Laut Selatan bersama dari puncak mercusuar ini. Kapan kamu ke Pantai Baron? (IB15/E03)