Dari Pakai Henna hingga Lepas Balon, Rayakan Iduladha di Pelbagai Negara Ini, yuk!

Dari Pakai Henna hingga Lepas Balon, Rayakan Iduladha di Pelbagai Negara Ini, yuk!
Melepas balon menjadi salah satu tradisi unik saat Iduladha. (Express)

Nggak hanya di Indonesia, perayaan Iduladha bagi umat Islam juga diikuti dengan pelbagai tradisi di berbagai penjuru dunia. Ada apa saja?

Inibaru.id - Iduladha sebagai hari besar kedua setelah Idulfitri menjadi momen yang mungkin sangat ditunggu seluruh umat muslim di dunia. Aneka makanan, minuman, bahkan camilan dihidangkan untuk dinikmati dengan obrolan-obrolan seru bersama sanak kerabat.

Selain ritual penyembelihan hewan kurban yang selalu ditunggu-tunggu, perayaan yang juga disebut Hari Raya Kurban itu juga umumnya dibarengi dengan sejumlah tradisi yang bisa jadi sudah berlangsung bertahun-tahun lamanya. Nggak hanya Indonesia, umat muslim di berbagai penjuru dunia ini juga menggelar tradisi yang unik. Apa saja?

Makan Bersama di Tiongkok

Kalau di Indonesia pas Idulfitri, warga Tiongkok justru mudik dan makan bersama saat Iduladha. (Youtube)

Muslim Tiongkok biasanya sudah melakukan persiapan jauh-jauh hari sebelum Iduladha digelar. Makanan ringan seperti kue dan aneka biskuit sudah dipanggang jauh-hari sebelumnya.

Setelah shalat berjamaah di masjid, mereka akan kumpul dan makan-makan bersama keluarga. Iduladha menjadi salah satu momen untuk keluarga berkumpul bersama. Pada momen itu, anggota keluarga yang tinggal jauh dari rumah bakal pulang demi bisa merayakan hari raya dengan keluarga besar. Mudik, nih!

Memakai Henna di Pakistan

Mengenakan pakaian warna-warni dan memakai henna, perempuan muslim di Pakistan terlihat menikmati momen Iduladha. (amazonaws)

Menjadi rumah bagi sekitar 176 juta muslim, Iduladha menjadi hari libur nasional di Pakistan. Untuk memperingati Iduladha, perempuan di sana biasa mempercantik tangan dengan henna organik sebelum menunaikan Salat Iduladha. Selain henna di tangan, mereka juga memakai pakaian beraneka warna.

Sementara, para lelaki Pakistan akan mengenakan salwar kameez, baju tradisional Pakistan dan memakai attar, semacam wewangian alami yang menyejukan.

Melepas Balon di Mesir

Menerbangkan balon di Mesir. (Thenational)

Umat muslim di Mesir memeriahkan Iduladha dengan menggelar karnaval. Di Kairo, anak-anak bermain balon dengan penuh keceriaan. Yang menarik adalah di Masjid Al-Seddik, mereka membuat rangkaian balon yang akan dilepas secara bersama-sama oleh para jemaah ketika salat usai.

Serba Baru di Somalia

Pasar di Somalia bakal ramai menjelang Iduladha. (Somalimuseum)

Lantaran hari raya di Somalia identik dengan hal-hal baru, pasar-pasar akan sesak oleh pembeli. Seperti di Mogadishu, ibukota Somalia, serbuan pembeli bahkan sudah tampak sejak pagi.

Penjual harus berkali-kali berteriak untuk menenangkan pembeli yang berjejalan. Kondisi ini juga biasanya dimanfaatkan penjual untuk menaikan harga. Meski harga naik, nyatanya pembeli tetap membeli barang-barang tersebut, lo!

Gimana, nih, ada yang tertarik merayakan Iduladha di negara-negara itu, Millens? (MG25/E03)