Dari Candi Tugu Kamu Bisa Melihat Semarang 360 Derajat dari Ketinggian

Dari Candi Tugu Kamu Bisa Melihat Semarang 360 Derajat dari Ketinggian
Replika Candi Gedong Songo di Monumen Tugu yang punya view instagenik. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Bosan dengan wisata populer yang ada di Kota Semarang? Cobalah mengunjungi situs sejarah yang satu ini. Berada di atas ketinggian, dari Candi Tugu ini kamu bisa melihat Kota Semarang. Selain itu, Candi Tugu juga instagrammable banget lo.

Inibaru.id - Di Semarang Barat, Tepatnya di Dusun Tugurejo RT 10 Rw 1, Tugurejo terdapat satu situs sejarah yang belum banyak diketahui publik. Namanya, Candi Tugu. Meski namanya candi, ternyata bangunan utamanya adalah sebuah monumen yang berbentuk tugu lo.

Untuk mencapai lokasi, kamu harus menaiki puluhan anak tangga. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Berkat inisiatif perusahaan yang berada tepat di bawah bangunan tugu, dibangunlah replika Candi Gedong Songo. Nah karena replika ini, prasasti tugu lebih dikenal dengan sebutan Candi Tugu.

Untuk berkunjung ke sana, pastikan kamu nggak sendirian ya Millens. Hal ini lantaran tempatnya yang cukup sepi. Untuk menemukan lokasinya, cukup ketik “Candi Tugu” di pencarian peta online dan kamu akan dituntun ke sebuah perkampungan kecil di Dusun Tugurejo. Kamu bisa gunakan kendaraan pribadi atau angkot karena lokasinya yang mudah dijangkau dari jalan raya. Masuk ke situs ini kamu juga nggak bakal dikenai biaya.

Di tengah tangga, kamu akan mendapati gapura. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Karena lokasinya berada di atas bukit, kamu harus menaiki puluhan anak tangga untuk bisa mencapai ke puncak. Jangan lupa untuk menitipkan kendaraanmu di sekitar perkampungan sebelum mendaki tangga-tangga ini ya, Millens!

Semarang dari Ketinggian

Meski banyak anak tangga yang harus dititi, namun semakin ke atas kamu akan mendapati pemandangan yang luar biasa. Yap, pemandangan Kota Semarang dari ketinggian!

Sesampainya di atas, kamu akan disambut monumen Tugu dan replika Candi Gedong Songo yang masih kokoh. Keduanya berjejeran menyapa pengunjung.

Sayangnya, di sekitar prasasti dan candi ini banyak ilalang liar yang tumbuh hampir selutut orang dewasa. Jadi kamu harus berhati-hati jika saja ada hewan di antara ilalang ini ya.

Dari sini kamu bisa melihat semarang dari ketinggian. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Dari atas sana, kamu bisa melihat Kota Semarang secara jelas dalam sudut 360 derajat. Mulai dari pemandangan padatnya kota sampai laut lepas yang nampak membiru bisa kamu lihat dari sini.

Sayangnya, sekitar Candi Tugu ini terdapat pohon-pohon yang sudah cukup tinggi. Jadi pemandangan dari ketinggian ini akan sedikit terhalang oleh batang dan ranting pohon. Eits, tapi jangan khawatir, pohon-pohon ini nggak bakal mengurangi indahnya pemandangan kok.

Spot Instagrammable

Oh ya, jangan lewatkan untuk berfoto di bangunan candi ini. Nggak kalah ciamik kok dengan bangunan Candi Gedong Songo yang ada di Lereng Ungaran. Apalagi ditambah dengan latar pemandangan langit yang lagi cerah. Instagrammable banget deh pokoknya.

Ambil foto sepuasnya di puncak Monumen Tugu. (Inibaru.id/ Zulfa ANisah)

Waktu yang tepat untuk datang ke sini adalah di pagi hari atau di sore hari saat udara masih sejuk. Namun jika berkunjung di siang bolong, sebaiknya kamu memakai penutup kepala agar nggak kepanasan ya. Ha ha

Nah, Gimana Millens? Menarik banget kan? Jangan lupa untuk bawa lagi sampahmu turun ke bawah selepas berkunjung ke Candi Tugu ya? Selamat menjelajah! (Zulfa Anisah/E05)